Formasi Guru Paling Diminati, Tapi Pendaftaran PPPK Pekanbaru Masih Minim

Formasi Guru Paling Diminati, Tapi Pendaftaran PPPK Pekanbaru Masih Minim

Pekanbaru - Jumlah pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tahun 2024 masih sangat minim. Dari total formasi yang tersedia, baru 8 orang yang berhasil menyelesaikan pendaftaran.

Padahal waktu pendaftaran telah berlangsung sejak satu minggu lalu. Pendaftaran seleksi PPPK tahun 2024 di Kota Pekanbaru sudah dibuka sejak awal Oktober 2024 kemarin.

"Kalau pelamar yang submit memang sedikit, baru delapan orang," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru Irwan Suryadi, Kamis (10/10/2024).

Ia menuturkan, jumlah pelamar yang mendaftarkan ke laman pendaftaran memang sudah banyak. Jumlahnya mencapai 1.288 pelamar tapi yang submit hanya sedikit.

Dirinya tidak menampik bahwa pada tahap proses pendaftaran masih sepi peminat. Ia menyebut para pelamar masih punya waktu karena ada dua batas waktu pendaftaran.

Pertama pengadaan PPPK tahun 2024 bagi pelamar prioritas yakni pelamar prioritas guru dan D-IV Bidan Pendidik Tahun 2023.

Perekrutan juga bagi Eks Tenaga Honorer Kategori II (eks THK-II) dan Tenaga non ASN yang terdata dalam Pangkalan Data (Database) BKN. Pendaftaran bagi pelamar tersebut rencananya berlangsung hingga 20 Oktober 2024 mendatang.

Kedua yakni Seleksi Pengadaan PPPK tahun 2024 bagi pelamar tenaga non ASN yang aktif bekerja di instansi pemerintah. Pelamar ini termasuk lulusan PPG untuk formasi guru di instansi daerah.

Proses pendaftarannya berlangsung pada 17 November hingga 31 Desember 2024 mendatang. Sementara, ada 350 formasi tersedia dalam perekrutan PPPK pada tahun 2024 ini.

Dari total 350 formasi PPPK yang dibuka, formasi guru menjadi yang paling banyak dengan jumlah 200 formasi. Posisi kedua ditempati oleh formasi teknis sebanyak 100 formasi, diikuti formasi tenaga kesehatan sebanyak 50 formasi.


Berita Lainnya

Index
Galeri