137 Ribu Hektar Kebun Kelapa di Inhil Rusak

137 Ribu Hektar Kebun Kelapa di Inhil Rusak
HM Wardan

TEMBILAHAN - Ratusan ribu hektar kebun kelapa di Indragiri Hilir (Inhil) mengalami kerusakan. Data yang dihimpun riaurealitacom, dari 439 ribu hektar tanaman kelapa di Inhil lebih seperempatnya atau 137 ribu hektar mengalami kerusakan.

Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan mengatakan, sejauh ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil baru berhasil melakukan penyelamatan kebun kelapa sekitar 7.163 hektar. 

"Kita sudah berusaha sesuai dengan kemampuan APBD Inhil," jelasnya saat menjadi pembicara pada sebuah acara seminar, diskusi dan bedah buku dengan tema Selamatkan Kelapa Indonesia di Jakarta, Senin (18/7/2016) lalu.

Bupati HM Wardan juga memaparkan permasalahan yang dihadapi oleh petani kelapa di Inhil. Diantaranya adalah menurunnya hasil kelapa karena serangan hama.

"Selain itu, juga banyaknya kebun kelapa sudah tua sementara masyarakat tidak mampu untuk meremajakan tanaman kelapa serta kerusakan trio tata air (tanggul, saluran air dan pintu klip)," tambahnya.

Masih banyak perkebunan kelapa yang saat ini masih belum mampu diperbaiki, Bupati HM Wardan membuka peluang bagi para investor yang ingin menanam saham di bumi hamparan kelapa.

"Kami siap menyediakan dan mensuplai berapapun jumlah yang diminta dan dibutuhkan oleh pelaku dunia usaha," imbuhnya. (Hadi)


Berita Lainnya

Index
Galeri