Tiga Camat tak Kunjung Selesaikan Administrasi Pil

Bupati Rohil: Kalau Masalah Dana belum Tuntas, Jemput ke Rumah Saya

Bupati Rohil: Kalau Masalah Dana belum Tuntas, Jemput ke Rumah Saya
Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau, H Suyatno.
BAGANSIAPIAPI - Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau, H Suyatno mengaku kesal kepada tiga camat yang ada di daerah itu karena tak kunjung menyelesaikan administrasi pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan dilaksanakan pada 17 Juli 2016.
 
"Saya dapat laporan ada tiga kecamatan lagi yakni Kubu, Kubu Babussalam dan Pujud belum menyelesaikan administrasi Pilkades, padahal pelaksanannya tinggal beberapa hari lagi. Apa kendalanya, kalau masalah dana belum tuntas jemput ke rumah saya," kata Suyatno saat memimpin rapat koordinasi jelang pelaksanaan Pilkades serentak, di Aula Kantor Bupati, Rabu (13/7/2016).
 
Tiga camat tersebut pun panik dan langsung dijawab oleh Camat Kubu Asrul dengan terbata-bata. Dalam kesempatan itu Asrul menjelaskan bahwa persoalan itu sudah aman, namun Bupati tidak yakin dan ia meminta agar bisa menjemput uang yang kurang ke rumahnya. "Jangan aman-aman saja, saya tahu wajah anda semua. Masa koordinir itu saja tidak bisa," kata Bupati.
 
Hal yang sama juga terjadi pada Camat Pujud dan Kubu Babussalam menyatakan sudah aman dan tidak ada kendala sama sekali. "Aman apanya, jangan banyak bual saja jemput nanti ke rumah Rp25 juta dari pribadi saya agar helat ini bisa sukses," kata Bupati menekankan.
 
Orang nomor satu di Rohil itu juga menyayangkan bahwa laporan yang ia terima banyak camat kurang proaktif dalam menyambut Pilkades serentak. Padahal, lanjut dia helat tersebut merupakan pesta demokrasi di tingkat desa dan juga menjadi wewenang camat. "Kalau ada kendala nanti juga diselesaikan di kecamatan, tapi kalau tidak tuntas juga baru diselesaikan di kabupaten," katanya.
 
Bupati juga menekankan kepada para camat untuk segera mengadakan rapat bersama panitia Pilkades di masing-masing kecamatan. "Tahun ini terdapat 64 kepenghuluan dari 12 kecamatan yang ikut pada Pilkades seremtak 17 Juli nanti. Sedangkan 2017 sebanyak 107 kepenghuluan akan menyusul," kata Suyatno. (max/ant)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri