Mulai Menjamur, Disosnakertrans Siap-siap Sisir Gepeng di Rohul

Mulai Menjamur, Disosnakertrans Siap-siap Sisir Gepeng di Rohul
Ilustrasi.
PASIR PANGARAIAN - Menjelang masuknya hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah tahun 2016, jumlah gelandangan dan pengemis (Gepeng) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) bertambah.
 
Untuk meminimalisir jumlah Gepeng yang diperkirakan dari sejumlah daerah di Provinsi Sumatera Utara dan Sumatera Barat ini, dalam waktu dekat Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Kabupaten Rohul akan melakukan razia.
 
Gepeng sendiri sudah mulai menjamur di Kabupaten Rohul sejak puasa Ramadan perdana. Dan jumlahnya diperkirakan akan terus meningkat menjelang Idul Fitri nanti.
 
Para Gepeng diduga dikoordinir oleh oknum tersebut, mengemis di toko-toko dan ruman makan di sepanjang Jalan Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian dan Jalan Diponegoro.
 
Sebelumnya, beberapa Gepeng mengakui mereka lebih senang mengemis di Rohul karena masyarakat di Negeri Seribu Suluk lebih dermawan.
 
"Dalam waktu dekat ini kita akan menggelar razia untuk menertibkan para pengemis dan gelandangan di Rokan Hulu ini," ujar Kepala Disosnakertrans Rohul, Herry Islami, ST MT saat ditemui di kantornya, Senin (13/6/2016).
 
Herry Islami mengajak masyarakat ikut berperan dalam meminimalisir jumlah Gepeng, seperti tidak memberi sedekah sehingga dengan sendirinya mereka berhenti mengemis di Rohul. Menurutnya, sumbangan atau sedekah akan lebih tepat sasaran jika diberikan melalui lembaga resmi, seperti panti asuhan, rumah ibadah serta tempat sosial lainnya. (can/rtd)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri