Ngantuk Setelah Berbuka dan Saat Salat Tarawih? Usir dengan 7 Cara Ini

Ngantuk Setelah Berbuka dan Saat Salat Tarawih? Usir dengan 7 Cara Ini
Ilustrasi.
BERBUKA puasa merupakan momen yang membahagiakan dan penuh berkah setelah seharian penuh kita menahan lapar dan dahaga di bulan Ramadan.
 
Setelah berbuka puasa, biasanya seseorang akan menjadi lebih segar dan kuat. Namun sayangnya tak berapa lama kemudian, seseorang akan merasa mengantuk, padahal pada malam Ramadan ada ibadah sunnah yang sangat dianjurkan, yakni Salat Tarawih.
 
Bagaimana bisa maksimal mengerjakan Salat Tarawih kalau kita diserang rasa kantuk yang hebat? Nah, agar Anda bisa tetap semangat mengerjakan Salat Tarawih, usir rasa kantuk itu dengan 7 cara atau tips berikut ini:
 
1. Niat
 
Niat yang membuat semua hal akan terwujud dengan sukses. Begitupun dengan Anda, pastikan berniat dengan sungguh-sungguh untuk mengerjakan Salat Tarawih, dijamin kantuk tersebut akan lenyap dengan sendirinya.
 
2. Hindari makan berlebihan saat berbuka puasa
 
Kekenyangan dapat memicu rasa kantuk. Oleh Karena itu, pastikan jangan berlebihan saat menikmati buka puasa, ya?. Makanlah secukupnya dan lanjutkan lagi setelah Salat Tarawih, pasti rasa kantuk itu tidak akan menyerang Anda selama Tarawih.
 
3. Tidur siang hari
 
Meski sebentar, pastikan Anda tidur di siang hari. Hal ini penting, karena saat Ramadan, jam tidur Anda pasti akan berkurang, karena harus bangun lebih awal untuk makan sahur. Tidur siang akan membuat Anda lebih segar dan tidak mudah ngantuk saat Taraweh.
 
4. Hindari tidur larut malam
 
Meski sedang puasa, pastikan Anda tetap jaga pola tidur yang cukup di malam hari. Selain membuat tubuh lebih sehat, tidur cukup di malam hari juga mencegah Anda ngantuk saat mengerjakan Salat Tarawih.
 
5. Hindari berdekatan dengan kipas angin atau AC
 
Sudah perut terasa kenyang, ditambah lagi kondisi dingin, hm... sudah pasti ngantuk akan mudah menyerang. Untuk menyiasatinya, pastikan Anda memilih tempat yang jauh dari kipas angin atau AC setelah menyantap hidangan berbuka.
 
6. Ambil air wudhu
 
Kantuk menjadi salah satu cara bagi setan untuk menghindarkan kita dari ibadah. Untuk mengusirnya, Anda bisa mengambil air wudhu. Percikan air yang segar dapat membuat mata kembali terbuka dan kantukpun lenyap.
 
7. Ikhlas meraup pahala Ramadan
 
Jurus terakhir yang wjib Anda terapkan dalam hati adalah ikhlas dan jangan jadikan Salat Tarawih sebagai beban. Dengan begitu, Anda akan lebih ringan dan tidak terbebani saat mengerjakannya.
 
Dengan ketujuh tips di atas, semoga Anda tidak lagi mengantuk setelah berbuka puasa dan saat Salat Taraweh, ya? Yuk lebih semangat lagi mengumpulkan pahala yang melimpah saat bulan Ramadan. *
 


Berita Lainnya

Index
Galeri