Tiongkok Lewat! Ini Negara dengan Populasi Terbanyak di Dunia Saat Ini

Tiongkok Lewat! Ini Negara dengan Populasi Terbanyak di Dunia Saat Ini

JAKARTA - India akan menyusul Tiongkok untuk menjadi negara terpadat di dunia pada akhir minggu ini. Badan PBB mengungkapkan hal tersebut. Populasi India diperkirakan mencapai 1.425.775.850 orang pada akhir April, berdasarkan data baru.

Badan PBB yang berbeda minggu lalu memperkirakan bahwa India akan menyusul Tiongkok pada pertengahan tahun ini. Negara-negara Asia telah menyumbang lebih dari sepertiga dari populasi global selama lebih dari 70 tahun.

"Tiongkok akan segera menyerahkan statusnya sebagai negara terpadat di dunia," kata Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial (DESA) PBB dalam sebuah pernyataan, dilansir dari BBC, Selasa, 25 April 2023.

"Karena ketidakpastian yang terkait dengan perkiraan dan proyeksi populasi, tanggal spesifik di mana India diharapkan melampaui Tiongkok dalam jumlah populasi menjadi perkiraan dan dapat direvisi," lanjut mereka.

Dana Kependudukan PBB, pada pekan lalu mengatakan, India akan memiliki 2,9 juta lebih banyak orang daripada Tiongkok pada pertengahan 2023.

Sementara itu, tingkat kelahiran Tiongkok anjlok baru-baru ini. Populasinya menyusut tahun lalu untuk pertama kalinya sejak 1961. "Populasi Tiongkok bisa turun di bawah 1 miliar sebelum akhir abad ini," kata DESA.

"Sebaliknya, populasi India diperkirakan akan terus bertambah selama beberapa dekade," tambahnya. Namun, tingkat kesuburan juga menurun di India. Tercatat dari 5,7 kelahiran per perempuan pada 1950, menjadi 2,2 kelahiran per wanita saat ini.

Pada November lalu, populasi global melewati 8 miliar. Tetapi para ahli mengatakan, pertumbuhannya tidak secepat sebelumnya, dan sekarang berada pada tingkat paling lambat sejak tahun 1950. ***


Berita Lainnya

Index
Galeri