Ratusan Rumah Di Tiga Desa Terendam Banjir BPBD Kuansing Dirikan Tenda Darurat, Dan Salurkan Bantuan

Ratusan Rumah Di Tiga Desa Terendam Banjir  BPBD Kuansing Dirikan Tenda Darurat, Dan Salurkan Bantuan

Kuansing- Menjelang siang Team gabungan BPBD Kuansing bersama-sama pemerintah Desa saling bahu membahu untuk melakukan Evakuasi masyarakat yang masih berada di permukiman di Tiga Desa tersebut yakni Masyarakat Desa Pantai,  Desa Lubuk Ramo dan Air Buluh, kecamatan Kuantan Mudik.

Bahkan BPBD Kuansing, sudah mendirikan tenda darurat buat warga yang mengungsi, serta telah menyalurkan bantuan makanan cepat saji secara terbatas kepada warga. Demikian di sampaikan oleh Kalaksa BPBD Kuansing H Yulizar kepada media, Jum'at 10 Maret 2023 petang, " 

Sejauh  ini Team Gabungan Satgas BPBD bersama pemerintah Desa bahu membahu mengevakuasi masyarakat ke tempat yang lebih aman, " ungkap Kalaksa BPBD Kuansing.


Sambung Yulizar, kondisi air saat ini debit air di dua desa belum berkurang, sementara dilokasi langit terlihat mendung, mari kita bersama-sama ber do'a semoga hujan tidak turun lagi.

Lebih lanjut Yulizar mengatakan, banjir yang melanda tiga desa tersebut mencapai tinggi 50-150 cm, hal ini di sebabkan akibat meluap nya Sungai, setelah hujan deras semalaman mengguyur wilayah itu.

" Harapan kita banjir ini cepat surut dan tidak ada lagi hujan sehingga kondisi air cepat normal," harapnya.

Yulizar menghimbau kepada seluruh masyarakat desa Pantai,  Desa Lubuk Ramo dan Air Buluh agar selalu waspada dan selalu menjaga diri dan keluarga maupun yang memiliki anak kecil agar Jagan lengah di saat kondisi saat ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

" Saya berpesan para orang tua agar selalu menjaga anak-anak nya dan kepada seluruh masyarakat selalu waspada, karena air ini bisa saja naik sewaktu-waktu," tuturnya.

Di kesempatan yang sama,  Kalaksa BPBD Kuansing mengatakan, saat ini kita masih belum memiliki mobil Rescue untuk bencana,makanya kita terkendala terutama wilayah yang agak sulit di tempuh.

" Ya Kita berharap BPBD Riau maupun BNPB pusat bisa membantu pasilitas kita ini agar kita di lapangan gampang menjangkau lokasi yang sulit di jangkau tersebut," harapnya.

Sambung Yulizar, untuk saat ini kita masih meminjam kendaraan Pribadi pegawai kantor kita untuk mobil operasional menuju ke lokasi bencana. 

Terkait  berapa jumlah rumah yang terendam oleh banjir, Kalaksa BPBD Kuansing melalui Kasubid kedaruratan kepala Pusdalops Satria Bahari.STP mengatakan, " saat ini ada tiga desa yang sudah sudah di landa banjir yakni, Desa Pantai, Desa Lubuk Ramo dan desa Air Buluh, jadi untuk jumlah Kepala keluarga (KK) yang terendam banjir di desa Lubuk Ramo sebanyak 55 KK dan 1 mushola, untuk desa pantai 107 KK , 1 mushola dan 1 kantor desa, 
 Sedangkan untuk Rumah yang di desa Air Buluh Rumah Warga : 25 Rumah, Jumlah KK 30 KK, Pasilitas Umum seperti sekolah MDA, namun untuk  Kerugian Berupa brang- barang seperti, pakaian dan alat-alat yang hanyut, total uang lebih kurang 10 JT, dan tidak ada korban jiwa," papar Satria Bahari.


Berita Lainnya

Index
Galeri