Ka.KPLP Lapas Teluk Kuantan terapkan Pendekatan Humanis terhadap WBP

Ka.KPLP Lapas Teluk Kuantan terapkan Pendekatan Humanis terhadap WBP

Kuansing- Lapas Teluk Kuantan merupakan salah satu Lapas terpadat yang ada di Indonesia,overload mencapai 650% dari Kapasitas normal. Untuk menciptakan situasi keamanan yang kondusif bukan lah hal mudah diterapkan di Lapas yang huniannya sudah terlalu padat. 

Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (Ka.KPLP)  Teluk Kuantan, Aldino Octalaperta, S.H. Jum'at Pagi (16/12/2022) mengatakan, Situasi keamanan yang tertib dan kondusif merupakan Hal penting bagi terlaksananya tata kehidupan Warga binaan di lapas. Dengan sudah overload nya jumlah hunian WBP di Lapas teluk kuantan ini, tentu tak lah mudah kita menciptakan situasi yang aman dan tertib tersebut.

Saya beserta jajaran pengamanan Lapas Teluk Kuantan menerapkan pendekatan humanis dan kekeluargaan terhadap seluruh warga binaan. 

"Dimana sesuai dengan perintah pimpinan berikanlah hak-hak warga binaan itu sama rata, perlakukan mereka selayaknya manusia sehingga tidak menimbulkan kesenjangan sosial antar warga binaan dan petugas,"ujar Aldino.

Ka.KPLP menyampaikan bahwa setiap harinya selalu menampung apapun masukan serta kelurahan yang dialami warga binaan, Setiap hari saya selalu menanyakan kepada WBP apa saja keluhan dari mereka selama menjalani masa pembinaan dilapas, dan harus segera ditindak lanjuti setiap ada keluhan dan masukan dari mereka.

Namun, semuanya juga harus sesuai dengan Standard Operasional Procedure (SOP) yang ada. Walaupun humanis, kita sebagai petugas juga tetap tegas menegakkan aturan yang berlaku dilapas, tambah Aldino.

Seandainya ada warga binaan yang melanggar tata tertib. Ya,harus di tindak sesuai dengan aturan yang berlaku, kata Aldino.

"Petugas Lapas merupakan pekerjaan yang mulia,selain membina para warga binaan petugas lapas juga bisa memperbanyak silaturahmi dengan para warga binaan serta keluarga warga binaan. Intinya sesuai dengan motto kerja kita yaitu Kerja keras, Kerja cerdas, Kerja Ikhlas. harapannya Lapas Teluk Kuantan tetap selalu dalam keadaan aman dan tertib serta selalu memberikan citra positif kedepannya," tutup Aldino.


Berita Lainnya

Index
Galeri