Warga Binaan Kelas IIB Teluk Kuantan, Sulap Koran Bekas Menjadi Berdaya Guna Tinggi

Warga Binaan Kelas IIB Teluk Kuantan, Sulap Koran Bekas Menjadi Berdaya Guna Tinggi

Kuansing- Koran merupakan media cetak yang menyajikan informasi aktual bagi masyarakat. Koran sering kali dilupakan bahkan dianggap sampah bagi banyak kalangan.

Namun, itu semua tidak berlaku bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Kelas IIB Teluk Kuantan, dimana koran yang telah selesai dibaca dapat di manfaatkan untuk kerajinan yang lebih bermanfaat.

KPLP Lapas Kelas IIB Teluk Aldino Octalaverta, SH.,MH di ruang kerjanya Rabu (22/06/2022) di Teluk Kuantan mengatakan melalui program pembinaan kegiatan kerja industri di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Teluk Kuantan, warga binaan dapat menyalurkan kreativitas dengan pembuatan kotak Tisu dengan memanfaatkan Koran Bekas.

Dikatakan Aldino, pembuatan kotak tisu tersebut tergolong mudah, hanya berbahan koran bekas, Lem kayu dan sedikit sentuhan seni oleh 
warga binaan.

Tak hanya sampai disitu, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Teluk Kuantan juga memanfaatkan kain perca untuk pembuatan keset kaki yang di beri nama ALKANA (Alas Kaki Karya Narapidana), ungkap Aldino.

Lebih lanjut Aldino menyebutkan Kegiatan ini berjalan di bawah Bimbingan Pembinaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Teluk Kuantan kedua produk yang di hasilkan oleh warga binaan ini akan dijual kepada masyarakat melalui penjualan ke toko-toko disekitaran Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Teluk Kuantan, media sosial dan "Stand hasil karya Narapidana" yang di ditempatkan di Ruang Kunjungan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Teluk kuantan.

"Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Teluk Kuantan terus berusaha untuk mengembangkan  pemasaran hasil karya tersebut agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas,"lanjut Aldino.

Kemudian, kegiatan ini tidak serta merta hanya untuk mencari keuntungan dalam penjualan hasil karya warga binaan, hal ini, dapat menimbulan dampak positif bagi warga binaan seperti mengurangi kejenuhan dalam menjalani masa pidana dan juga untuk meningkatkan kreativitas warga binaan dalam rangka persiapan Reintegrasi kepada masyarakat setelah selesai menjalani pidana, pungkas Aldino.


Berita Lainnya

Index
Galeri