Workshop Bedah Proposal Program Kreativitas Mahasi

Rektor UNIKS : Mahasiswa Yang Lolos ke PIMNAS Akan Dibebaskan Dari Proses Penyelesain Studi di Program Studi Masing-Masing Tanpa Harus Seminar Proposal Dan Seminar Hasil

Rektor UNIKS : Mahasiswa Yang Lolos ke PIMNAS Akan Dibebaskan Dari Proses Penyelesain Studi di Program Studi Masing-Masing Tanpa Harus Seminar Proposal Dan Seminar Hasil

Kuansing- Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) menyelenggarakan “Workshop Bedah Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)” pada hari Kamis, 24 Maret 2022. Dengan menghadirkan Narasumber yang handal dan pakar pada bidang PKM dan juga Tim Reviewer Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek), Ns. Ari Pristiana Dewi, M.Kep (Dosen Fakultas Keperawatan dan CEO KITA Center).

Pada Workshop Bedah Proposal PKM kali ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan dengan semua peserta yang hadir secara luring menggunakan masker dan pelaksanaan dilakukan secara blended dengan menghadirkan peserta sebanyak 200 orang yang terdiri dari dosen pendamping PKM dan mahasiswa, yang hadir secara luring 10 orang terdiri dari panitia dan penanggung jawab PKM UNIKS.

Sambutan sekaligus membuka acara Workshop Bedah Proposal PKM Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes. Pada sambutannya menyampaikan harapan bahwa, PKM tahun 2022 UNIKS harus bisa meloloskan mahasiswa ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) mendatang dan target UNIKS dapat meloloskan proposal, 1 Program Studi 1 proposal, jadi target kita 12 proposal, dari 12 program studi dan dapat menghantarkan UNIKS ke PIMNAS serta dosen pendampingnya dapat lulus sebagai Reviewer Nasional. Setiap tahunnya UNIKS selalu meloloskan proposal PKM mahasiswa pada pendanaan tingkat nasional yang dibiayai oleh Kemendikbud Ristek Dikti dan terakhir pada tahun 2021 meloloskan proposal PKM Mahasiswa 1 proposal PKM yang didanai.

Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes, memberikan apresiasi yang luar biasa kepada mahasiswa, bahwa proposal PKM mahasiswa UNIKS yang lolos ke PIMNAS akan dibebaskan dari proses penyelesain studi di program studi masing-masing tanpa harus seminar proposal dan seminar hasil tinggal menyusun kembali laporan hasil PKM yang telah dipresentasikan di PIMNAS sesuai dengan sistematika dan panduan skripsi. Juga Rektor UNIKS memberikan apresiasi bagi dosen pendamping yang bimbingannya lolos sampai PIMNAS akan mendapatkan penghargaan dari Rektor UNIKS. Banyak hal yang bisa didapatkan dosen pendamping termasuk Hak Paten dari hasil riset mahasiswa, artikel/jurnal ilmiah yang dihasilkan karena produk dari PKM adalah Artikel/jurnal/buku/ dll. Bisa diklaim bersama mahasiswa bimbingan.

Narasumber Ns. Ari Pristiana Dewi, M.Kep, menyampaikan materi bedah proposal PKM dengan mengawali bagaimana mendorong semangat mahasiswa, bahwa Rektor UNIKS sangat mengapresiasi setiap proses yang diakukan oleh mahasiswa dalam program PKM ini mulai dari lolos pendanaan sudah difasilitas oleh fakultas dan universitas, sampai dinyatakan lolos PIMNAS. Begitu pula mahasiswa yang lolos PIMNAS dengan meraih medali diberikan keitimewaan tidak mengikuti seminar proposal dan seminar hasil mahasiswa. Semoga PKM ini dilakukan dengan penuh inovasi dan kreativitas sehingga dapat terlaksana sesuai dengan harapan.

Ns. Ari Pristiana Dewi, M.Kep, menyampaikan materinya dengan memberikan kiat-kiat memenangkan Program PKM dengan lolos pendanaan dan lolos PIMNAS. Mengawali materi dengan memberikan dorongan dan semangat kepada mahasiswa bahkan Program PKM ini untuk tahun 2022 sudah masuk Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Selanjutnya dalam materinya menyampaikan bahwa untuk bisa lolos dari 8 bidang PKM mahasiswa harus memiliki kompetensi : 1. Academic Knowledge, 2. Skill of Thinking, 3. Management Skill dan 4. Communication Skill, ditambah juga memiliki nilai inovasi dan kreativitas dalam proposalnya serta mengikuti pedoman panduan PKM secara ketat, karena syarat administrasi pertama untuk dikoreksi oleh Reviewer, juga bagaimana mahasiswa memahami filosofi setiap skim PKM.


Berita Lainnya

Index
Galeri