Atasi Panic Buying, Gubernur Riau Kumpulkan Produsen Minyak Goreng

Atasi Panic Buying, Gubernur Riau Kumpulkan Produsen Minyak Goreng

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melakukan pertemuan dengan produsen minyak goreng yang ada di Riau. Hal itu untuk untuk mengatasi kelangkaan dan mengetahui stok minyak goreng di daerah itu.

Gubri Syamsuar menegaskan kepada produsen minyak goreng agar bisa membantu pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan bisa memberikan perhatian kepada pelaku-pelaku usaha kecil yang sangat membutuhkan minyak goreng.

"Pelaku usaha kecil ini harus dibantu melalui berbagai dukungan, agar usaha mereka bisa tetap berjalan. Sehingga bisa tetap mendapatkan penghasilan," kata Gubri Syamsuar, usai pertemuan di kediamannya di Pekanbaru, Kamis (10/2/2022). 

Untuk mendukung hal ini,  Gubri menjelaskan, bahwa produsen minyak goreng di Riau telah melakukan operasi pasar di Kota Dumai, Mandau Kabupaten Bengkalis, dan Kabupaten Kampar. Tidak menutup kemungkinan ke depannya akan melakukan operasi pasar di kabupaten/kota lainnya.

"Ada juga perusahaan minyak goreng yang sudah bekerja sama dengan Bulog untuk melakukan operasi pasar. Ini dalam rangka meringankan beban masyarakat kita yang terdampak, karena adanya kenaikan harga minyak goreng," pungkasnya.

Berdasarkan laporan dari pertemuan tersebut, Gubri Syamsuar menjelaskan, bahwa tidak ada pengurangan stok minyak goreng di Riau. Namun, permintaan minyak goreng sangat tinggi. 

"Stok untuk minyak goreng sebenarnya tidak ada yang dikurangi. Namun, permintaan saat ini sangat tinggi sekali. Jadi kalau permintaan normal seperti biasanya, maka tidak ada kekurangan. Karena tidak ada sedikit pun pengusaha mengurangi produksi yang ada disini," kata Gubri Syamsuar.

Walaupun masih terlihat adanya kelangkaan, Gubri Syamsuar menjelaskan, bahwa Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan pemerintah, berkaitan dengan minyak goreng untuk masyarakat, sudah berjalan dengan baik. 

"Minyak Goreng terlihat langka, karena setiap penjualan minyak goreng selalu kehabisan dan itu diakibatkan ada masyarakat yang membeli melebihi dari kebutuhannya,"kata Syamsuar. 

Untuk itu tentunya perlu ada pendisiplinan atau upaya untuk mengatasi panic buying atau pembelian secara berlebihan, dan penimbunan suatu barang karena didasari rasa panik dan takut yang berlebihan.

Gubri berharap kepada masyarakat agar membeli minyak goreng sesuai kebutuhan. Karena ketersediaan minyak goreng tetap ada. Sehingga tidak perlu panik. "Minyak ini ketersediaanya tetap ada. Karena tidak ada sedikit pun, pelaku usaha di Riau yang mengurangi stok ketersediaan produksi minyak goreng," ucapnya.

"Ini terjadi karena adanya warga kita yang membeli minyak goreng melebihi dan pada akhirnya berpengaruh kepada yang lain," tambahnya.

Dalam situasi saat ini, Gubri Syamsuar juga berharap tidak terjadi indikasi spekulan yang memanfaatkan situasi, dengan cara membeli minyak goreng dan kemudian mencari keuntungan sendiri.

"Kami harapkan di Riau tidak ada yang melakukan hal itu, karena kita punya satgas pangan. Di dalamnya juga ada polisi dan sebagainya untuk mengawasi dan memonitor arus barang di Riau," tutupnya.

Turut hadir mendampingi Gubri Syamsuar dalam pertemuan itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Riau, Taufiq OH dan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau Zulfadli.

Sumber: MC Riau


Berita Lainnya

Index
Galeri