AKBP Ari Wibowo Kenang Perjuangan Padamkan Karlahut Bersama Masyarakat Inhu

AKBP Ari Wibowo Kenang Perjuangan Padamkan Karlahut Bersama Masyarakat Inhu
Malam pisah sambut Kapolres Inhu AKBP Ari Wibowo kepada AKBP Abas Basuni, Sabtu (14/5) di Gedung Dan
RENGAT - Pengalaman berjibaku menangani kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) yang terjadi selama lebih dari dua bulan tahun 2015 lalu serta merasakan dampaknya secara langsung menjadi kesan mendalam dan tidak akan pernah bisa dilupakan oleh mantan Kapolres Inhu AKBP Ari Wibowo SIK.
 
Maklum, sebelum bertugas di Kabupaten Inhu, AKBP Ari Wibowo SIK hanya melihat karlahut dari televisi dan tidak pernah merasakan dampaknya secara langsung.  “Begitu bertugas di Kabupaten Inhu, saya baru tahu bagaimana dampak kebakaran lahan dan hutan,” ujarnya saat memberikan sambutan pada malam pisah sambut Kapolres Inhu, Sabtu (14/5/2016) di Gedung Dang Purnama Rengat.
 
Menurut AKBP Ari Wibowo, selain ikut berjibaku memadamkan kebakaran lahan dan hutan, ia juga beberapa tertunda untuk terbang menggunakan pesawat karena jarak pandang yang terbatas. Padahal ia sudah memperoleh izin dari Kapolda.
 
Karena itu, ia berharap tahun ini dan kedepannya, karlahut di Kabupaten Inhu dan Provinsi Riau tidak lagi terjadi dan berharap seluruh element masyarakat dapat bersama-sama mengantisipasi. Sebab dampak karlahut sangat besar dan merugikan semua pihak.
 
Tidak hanya itu, selama 1 tahun enam bulan bertugas, AKBP Ari Wibowo mengaku sangat berkesan dengan keramahan serta kerjasama yang baik yang ditunjukkan masyarakat Inhu. Karena itu, saat pelaksanaan Pilkada hingga terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati Inhu, situasi tetap kondusif. “Pilkada aman dan situasi Kabupaten Inhu tetap kondusif bukan semata-mata karena polisi. Tetapi atas kerjasama serta dukungan dari seluruh masyarakat,” ucapnya.
 
AKBP Ari Wibowo juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat. Ia juga menyadari belum banyak berbuat untuk kemajuan Kabupaten Inhu, terutama dalam bidang kamtibmas. “Saya pamit undur diri, mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan selama bertugas di Kabupaten Inhu,” tutur AKBP Ari Wibowo yang selanjutnya akan menjabat sebagai Kapolres Pelalawan.
 
Kapolres Inhu yang baru, AKBP Abas Basuni menyampaikan akan terus melanjutkan komunikasi dan silaturahmi yang telah berjalan baik. Ia juga menyampaikan bahwa tugas polisi membantu kelancaran pelaksanaan pembangunan, sehingga ia berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi Kabupaten Inhu.
 
“Sebagai orang baru, saya berharap dapat diterima sebagai warga Inhu dan tadi pagi sudah dilakukan prosesi adat tepung tawar sebagai bentuk penerimaan dan doa semoga tugas ini dapat dilaksanakan dengan baik,” ucap AKBP Abas Basuni yang merupakan junior AKBP Ari Wibowo.
 
Sementara itu, Bupati Inhu H Yopi Arianto menyampaikan ucapan selamat bertugas ditempat yang baru kepada AKBP Ari Wibowo dan selamat datang di Kabupaten Inhu kepada AKBP Abas Basuni. Ia berharap kerjasama dan kemitraan antara Pemkab Inhu dan Polres Inhu dapat terus ditingkatkan dalam upaya mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.“Saya masih ingat betul, saat kami trabas bersama, Bapak AKBP Ari Wibowo sempat di sengat tawon hingga mata bengkak,” ujar Bupati Yopi.
 
Ia juga menyampaikan ucapan selamat kepada AKBP Ari Wibowo yang kembali dipercaya menjabat Kapolres Pelalawan. Apalagi Kabupaten Pelalawan merupakan tentangga Kabupaten Inhu dan jaraknya tempuhnya dekat. “Kapanpun Bapak mengundang saya ke Pelalawan, saya akan hadir,” tuturnya. (max/hms)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri