Berkat Teknologi Futuristik Ini, Sepeda Motor Bakal Anti Nabrak

Berkat Teknologi Futuristik Ini, Sepeda Motor Bakal Anti Nabrak

JAKARTA - Seiring teknologi yang terus berkembang, hal ini juga berdampak pada industri otomotif. Salah satu terobosan baru yang kini tengah dan terus dikembangkan adalah fitur sensor pada sepeda motor. Artinya ke depannya sepeda motor bakal bisa membaca situasi dan kondisi di jalanan.

Teknologi sensor sudah banyak digunakan pada sejumlah kendaraan roda empat. Namun untuk sepeda motor, hal tersebut masih jarang ditemui dan belum banyak pabrikan roda dua yang serius mengembangkannya.

Akan tetapi, dalam beberapa tahun terakhir produsen sepeda motor mulai fokus dalam mengembangkan teknologi sensor. Bahkan fitur tersebut tak hanya menjadi pemanis saja, namun punya peran besar dalam memberikan keselamatan.

Dilansir dari Motor Cycle News, raksasa teknologi Bosch baru-baru ini tengah mengembangkan teknologi sensor yang disematkan pada bagian depan dan belakang sepeda motor. Merek besar seperti Ducati, BMW Motorrad, KTM, hingga Kawasaki kabarnya kepincut dengan teknologi ini.

Selain itu, sepeda motor Tiger 1200 GT Explore dari Triumph telah mengusung sebuah sensor yang disematkan pada bagian depan motor. Sensor tersebut disokong oleh Continental dan sudah dikembangkan sejak tahun lalu.

Pabrikan roda dua asal Italia, Vespa, juga ikut mengembangkan fitur sensor radar. Teknologi tersebut menggunakan chip semikonduktor yang dipasok dari Vayyar, raksasa teknologi asal Israel.

Salah satu teknologi sensor dan radar yang bisa disematkan pada sepeda motor adalah sistem brake assist. Pada kendaraan roda empat, fitur brake assist sudah banyak ditemukan dan sangat membantu pengemudi ketika berkendara.

Namun lain halnya dengan sistem brake assist di sepeda motor. Harus ada perhitungan lebih matang mengenai teknologi sensor tersebut. Fitur brake assist pada sepeda motor harus optimal, karena jika terlalu agresif dapat membahayakan nyawa pengendara sepeda motor.

Meski begitu, fitur brake assist ini diklaim dapat membantu pengendara sepeda motor jika terjadi sesuatu bahaya yang terjadi di depannya. Sensor yang disematkan pada sepeda motor itu akan membantu pengendara motor untuk bisa berhenti sebelum terjadi tabrakan.

Sejauh ini, sudah ada beberapa teknologi sensor dan radar yang mulai disematkan pada sepeda motor. Salah satu fiturnya adalah Long Vision, sensor ini akan memberikan peringatan kepada pengendara jika ada sebuah halangan di depannya. Sensor ini dapat mendeteksi halangan tersebut hingga sejauh 300 meter.

Lalu terdapat juga kamera yang disematkan pada bagian depan dan belakang sepeda motor. Kamera ini diklaim dapat memberikan pandangan hingga 360 derajat, sehingga sangat membantu pengendara jika terjadi sesuatu yang membahayakan di jalan raya.

Sumber: Detik.com


Berita Lainnya

Index
Galeri