ASN Maju Pilkada Dipersilakan Tinggalkan Jabatan

ASN Maju Pilkada Dipersilakan Tinggalkan Jabatan
Sekretaris Kota Pekanbaru Drs H M Noer MBS SH MSi MH.
PEKANBARU - Selain Walikota (Wako) Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT yang sudah memastikan diri maju sebagai incumbent dalam Pemilihan Walikota (Pilwako) Pekanbaru 2017 nanti, ada pula Aparatur Sipil Negara (ASN) pejabat Pemerintah Kota (Pemko) yang sudah mendeklarasikan diri untuk maju. Terhadap pejabat tersebut diminta lebih baik mundur dari jabatan agar lebih fokus.
 
Salah satu pejabat yang kini sudah mendeklarasikan diri juga untuk maju adalah Dastrayani Bibra. Pria yang kini menjabat sebagai Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Kota Pekanbaru itu tampak sudah memasang berbagai baliho di beberapa sudut kota dengan slogan Satu Ide.
 
Pejabat yang menyatakan siap bertarung dalam Pilwako ini diprediksi konsentrasinya akan pecah dalam mengerjakan amanah jabatannya.
 
"Agar bisa legowo. Jika sudah serius untuk maju lebih baik mundur (dari jabatan)," kata Sekretaris Kota (Sekko) Pekanbaru Drs H M Noer MBS SH MSi MH, Jumat (13/5/2016) kemarin.
 
Meski begitu M Noer menilai untuk saat ini pernyataan maju pejabat di jajaran Pemko baru sebatas statement karena belum ada pendaftaran resmi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru. 
 
"Sekarang yang muncul itu baru pernyataan. Kita harus juga tetap menjaga hak kawan-kawan Pejabat ASN Pemko disini," lanjutnya.
 
Sekko menggambarkan, jika pejabat sudah mendeklarasikan diri untuk maju dalam Pilwako, pastinya pejabat tersebut sudah menghitung dan menimbang segala risiko yang mungkin muncul. Kondisi yang dihadapi juga akan sulit bagi pejabat tersebut untuk membagi waktu terkait politik dan sosialisasi pencalonan serta tugas pemerintahan.
 
"Kalau pejabat ASN maju dikhawatirkan sulit membagi waktu antara tugas jabatan dan kegiatan diluar sana. Saya sarankan jika memang serius dalam pilwako pejabat ASN tersebut hendaknya mundur dari jabatannya," tegasnya. (max/rpg)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri