Data Lengkap Panama Papers Resmi Terbuka untuk Publik, Cek di Sini!

Data Lengkap Panama Papers Resmi Terbuka untuk Publik, Cek di Sini!
Laman website ICIJ.
JAKARTA - Publik di seluruh dunia, termasuk Indonesia, mulai dinihari ini dapat mengetahui data lengkap Panama Papers. Konsorsium global jurnalis investigasi (ICIJ) telah merilis data 320 ribu perusahaan cangkang klien firma hukum asal Panama, Mossack Fonseca tersebut, termasuk di dalamnya korporasi yang didirikan oleh warga negara Indonesia di sejumlah negara suaka pajak.
 
Akses publik pada data Panama Papers dibuka mulai Senin (9/5/2016) siang, pukul 2 waktu Washington, Amerika Serikat, di situs https://offshoreleaks.icij.org. Sedangkan publik di Indonesia baru bisa mengaksesnya pada Selasa (10/5/2016) dinihari ini, sekitar pukul 01.00 Wib.
 
Basis data yang dimaksudkan adalah berupa nama perusahaan berikut para pemegang sahamnya. Adapun berbagai catatan rekening bank, transaksi keuangan, surat elektronik, paspor, nomor telepon, dan korespondensi lainnya yang berkaitan dengan individu dan korporasi tersebut tak dipublikasikan.
 
Lebih dari seratus jurnalis dari 76 negara yang setahun terakhir tergabung dalam proyek investigasi Panama Papers tetap akan meneruskan penelusuran pada bocoran dokumen tersebut. 
 
Sejauh ini, dalam penelusuran yang dilansir Tempo, sedikitnya 899 warga negara Indonesia tercatut di Panama Papers. Namun tidak tertutup kemungkinan jumlahnya bertambah, mengingat 2,6 terabita data di dalamnya belum tuntas ditelusuri.
 
Dua penyelenggara negara yang tercatat di Panama Papers adalah Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan; serta Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Harry Azhar Azis. 
 
Dari Senayan, markas Dewan Perwakilan Rakyat, mencuat nama Johnny Gerald Plate (NasDem) dan Airlangga Hartarto (Golkar). Mereka bersanding bersama sejumlah pengusaha, seperti James Riady (Lippo), Franciscus Welirang (Indofood), Hilmi Panigoro (Medco), Oentoro Surya (Arpeni), dan Sandiaga Uno (Saratoga). (max/tmp)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri