Sampai April, Pemerintah Sudah Salurkan Rp17,84 Triliun Dana Desa

Sampai April, Pemerintah Sudah Salurkan Rp17,84 Triliun Dana Desa
Menteri Keuangan, Bambang P.S. Brodjonegoro.
JAKARTA - Pemerintah telah menyalurkan dana desa sebanyak Rp17,84 triliun sampai 28 April 2016. Dana yang disalurkan itu mencapai 63,29 persen dari total dana desa tahap I sebesar Rp20,76 triliun.
 
“Daerah yang telah menerima penyaluran Dana Desa tahap I ini merupakan kabupaten/kota yang telah menyampaikan persyaratan penyaluran Dana Desa secara lengkap,” ujar Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro dikutip dari laman Kementerian Keuangan, Minggu (8/5/2016).
 
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan mencatat, dana yang telah disalurkan tersebut menjangkau 270 daerah kabupaten/kota di 33 provinsi di seluruh Indonesia.
 
Secara rinci, di Provinsi Aceh, dana desa telah disalurkan kepada 17 daerah kabupaten/kota. Di Provinsi Sumatera Utara kepada 15 kabupaten/kota, Provinsi Sumatera Barat 12 kabupaten/kota, Provinsi Riau tujuh kabupaten/kota, Provinsi Jambi lima kabupaten/kota, Provinsi Sumatera Selatan 12 kabupaten/kota, Provinsi Bengkulu tujuh kabupaten/kota, Provinsi Lampung tujuh kabupaten/kota, di Provinsi Bangka Belitung satu kabupaten/kota, dan di Provinsi Kepulauan Riau empat kabupaten/kota.
 
Kemudian di Provinsi Jawa Barat, Dana Desa disalurkan kepada 13 kabupaten/kota, Provinsi Banten satu kabupaten/kota, Provinsi Jawa Tengah 20 kabupaten/kota, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dua kabupaten/kota, dan Provinsi Jawa Timur 18 kabupaten/kota.
 
Sementara di Provinsi Kalimantan Barat, Dana Desa telah disalurkan kepada tujuh kabupaten/kota, Provinsi Kalimantan Tengah sembilan kabupaten/kota, Provinsi Kalimantan Selatan enam kabupaten/kota, Provinsi Kalimantan Timur enam kabupaten/kota, dan Provinsi Kalimantan Utara dua kabupaten/kota.
 
Di Provinsi Sulawesi Utara, Dana Desa telah disalurkan kepada Sembilan kabupaten/kota, di Provinsi Sulawesi Tengah kepada Sembilan kabupaten/kota, di Provinsi Sulawesi Selatan 15 kabupaten/kota, Provinsi Sulawesi Tenggara tujuh kabupaten/kota, Provinsi Sulawesi Barat satu kabupaten/kota, dan Provinsi Gorontalo lima kabupaten/kota.
 
Di Provinsi Bali, Dana Desa telah disalurkan kepada tujuh kabupaten/kota, Provinsi Nusa Tenggara Barat lima kabupaten/kota dan Provinsi Nusa Tenggara Timur Sembilan kabupaten/kota.
 
Sementara itu, di Provinsi Maluku, Dana Desa telah disalurkan kepada delapan kabupaten/kota, Provinsi Maluku Utara enam kabupaten/kota , Provinsi Papua 13 kabupaten/kota, Provinsi Papua barat lima kabupaten/kota. (max/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri