Ini Perbedaan SBMPTN Berbasis Komputer dan Berbasis Kertas

Ini Perbedaan SBMPTN Berbasis Komputer dan Berbasis Kertas
Ilustrasi.
JAKARTA - Mulai tahun ini, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang biasanya dilaksanakan dengan membulatkan lembar jawaban kerja (LJK) kini sebagian dilakukan berbasis komputer atau computer based test (CBT). Meski hanya tersedia di 30 lokasi ujian, panitia SBMPTN 2016 berpendapat ujian CBT jauh lebih efektif dan efisien.
 
Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad), Tri Hanggono Achmad menuturkan, terdapat perbedaan jumlah peserta di lokasi CBT satu dengan yang lainnya. Sedangkan untuk PBT standar jumlah peserta di setiap ruangan sama. Menurut dia, perbedaan tersebut lantaran setiap kampus punya kemampuan masing-masing dalam menyelenggarakan SBMPTN CBT.
 
"Memilih jawaban di ujian CBT juga sangat mudah dan efisien karena tak memerlukan waktu lama. Pada CBT hanya dibutuhkan satu klik untuk memilih jawaban. Dengan begitu, waktu yang biasanya untuk membulatkan bisa bermanfaat untuk mengerjakan soal," tuturnya.
 
Peserta SBMPTN CBT, imbuh Tri Hanggono, bisa mengubah jawaban setiap saat selama waktu masih tersedia. Pasalnya, CBT pada SBMPTN dirancang dengan fitur navigasi ke semua soal. Peserta juga dapat kembali mereviu soal-soal yang sudah dikerjakannya.
 
"Asal masih dalam kurun waktu pengerjaan satu sesi ujian. Mengubahnya dilakukan dengan satu kali klik untuk jawaban baru, dan secara otomatis jawaban yang sebelumnya dianulir," ujarnya.
 
Selain lebih praktis, Ketua panitia SBMPTN 2016, Rochmat Wahab menilai, ujian CBT minin kesalahan, terutama dalam pengisian jawaban. Pada ujian tertulis atau paper based test (PBT), para peserta harus membulatkan jawaban dengan cara menghitamkan. Jika terjadi kesalahan, jawaban tidak dapat dideteksi oleh scanner.
 
"Kalau salah mengisi identitas sudah tidak terbaca, padahal peserta banyak tidak mungkin dilihat satu-satu. Akhirnya terlewati lah. Tetapi dengan CBT pasti masuk karena sekali klik saja, tak perlu khawatir salah pengisian LJK. Mengerjakan jadi hemat waktu, begitu juga dalam memeriksanya," tukasnya. (max/okz)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri