Ini Kesepakatan PM Cameron dan Presiden Jokowi di London

Ini Kesepakatan PM Cameron dan Presiden Jokowi di London
Presiden Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Inggris David Cameron.
LONDON - Presiden Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Inggris David Cameron menyaksikan penandatanganan kesepakatan kerja sama antara kedua negara di Kantor Perdana Menteri di Downing Street, London, Selasa (19/4/2016).
 
Pertemuan antara Joko Widodo dan Cameron adalah salah satu agenda pertama dalam lawatan Presiden Indonesia ke Inggris.
 
Berdasarkan berita yang dilansir BBC Indonesia, bidang kerja sama yang disepakati itu adalah tentang pendidikan tinggi dan penyelenggaraan pesta olahraga tingkat dunia.
 
Selain itu, ada pula kesepakatan di bidang industri kreatif, maritim dan perikanan, serta kerja sama antara maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan produsen pesawat Airbus.
 
Khusus menangapi kerja sama dengan Airbus, Direktur Utama Garuda Indonesia M Arif Wibowo menjelaskan, kerja sama dengan Airbus terkait restrukturisasi armada A330-300 menjadi A330-900neo.
 
Kesepakatan ini diwujudkan dalam bentuk restrukturisasi pemesanan sebanyak tujuh A330-300 menjadi 14 pesawat A330-900neo. Pesawat itu akan mulai diterima Garuda Indonesia pada tahun 2019 mendatang.
 
Sebelum penandatanganan, Dirut Garuda menjelaskan, kerja sama dengan Airbus/Rolls Royce juga mencakup aspek pemeliharaan pesawat.
 
"Selain pemeliharaan, ditandatangani pembelian suku cadang untuk peningkatan penerbangan," tutur Arif.
 
Suasana di luar Downing Street sempat sedikit ada kepanikan karena Kepala Barekraf Triawan Munaf belum tiba, padahal Presiden Joko Widodo sudah ada di dalam Kantor PM Cameron.
 
Beberapa staf KBRI tampak cemas, tetapi akhirnya Triawan Munaf tiba dan berlari kecil masuk ke Downing Street sebelum penandatanganan dimulai.
 
Agenda lain Presiden Jokowi di London hari ini adalah menyampaikan pidato di hadapan Organisasi Maritim Internasional di parlemen. Malam hari, dia bertemu masyarakat Indonesia di kediaman Dubes RI di London, Rizal Sukma.
 
Lawatan Joko Widodo ke Inggris hingga Rabu besok ini merupakan kunjungan balasan atas kedatangan PM Cameron ke Indonesia Juli tahun lalu. (wcn/kcm)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri