Alamak.... di Riau, 283 Ribu Anak tidak Sekolah

Alamak.... di Riau, 283 Ribu Anak tidak Sekolah
ilustrasi
PEKANBARU - Hingga saat ini, di provinsi Riau anak-anak usia sekolah yang tidak bersekolah masih tinggi. Tercatat, ada sekitar 283 ribu anak usia sekolah yang tidak mengecap dunia pendidikan.
 
"Sejauh ini masih terdapat sekitar 283 ribu anak usia sekolah, tidak bersekolah di Riau ini, yakni 50 ribu anak usia SD, 80 ribu anak usia SMP, dan 153 ribu anak usia SMA, angka ini tentu cukup besar, dan sangat tidak baik bagi pengembangan dan kemajuan SDM Riau," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riau Dr H Kamsol, Jumat (15/4/2016).
 
Untuk itu, kata Kamsol, peran semua pihak agar bisa terus mengajak dan mendorong anak-anak usia sekolah ini untuk bersekolah, salah satunya adalah melalui pendidikan keaksaraan Paket A, B dan C. Karena menurut Kamsol, berbagai macam alasan kenapa anak-anak usia sekolah tersebut tidak mau bersekolah, seperti persoalan ekonomi, ketersediaan sekolah ditempat tinggal mereka dan sebaginya.
 
"Yang paling banyak itu adalah pemikiran dari mereka yang menganggap kenapa harus sekolah, sementara nantinya mereka juga akan bekerja membantu orang tuanya bekerja di kebun sawit, nelayan, dan sebagainya," kata Kamsol.
 
Diharapkan peran dari ibu-ibu PKK yang bisa bersentuhan langsung dengan mereka, bisa memberikan pandangan akan pentingnya menuntut ilmu atau bersekolah. Karena dengan bersekolah, seseorang akan menjadi pintar, ketika menjadi pintar, maka akan bisa meningkatkan ekonomi keluarganya, dan itu yang harus terus diberikan pemahamannya kepada anak-anak usia sekolah yang belum bersekolah tersebut.
 
"Peran PKK ini sangat kami butuhkan dalam mendukung dan mensukseskan bagimana anak-anak putusa sekolah atau yang tidak mau sekolah ini, bisa bersekolah, bersama kita bisa membangun pendidikan Riau yang berkualitas dan handal, menuju masyarakat Riau yang mandiri dan sejahtera," ungkapnya seperti dikutip dari gaungriau.com. (das/grc)


Berita Lainnya

Index
Galeri