Advertorial Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu

Bupati Rohul Tanam Perdana Bibit Sawit di Kebun Kas Desa Rambah

Rabu, 09 Desember 2020 | 00:50:56 WIB
Bupati Rohul Tanam Perdana Bibit Sawit di Kebun Kas Desa Rambah
Ket Foto :

ROHUL-Bupati Rokan Hulu (Rohul) menghadiri kegiatan penanaman perdana bibit kelapa sawit di kebun kemitraan Kas Desa Rambah yang merupakan investasi dari PT Musimas Group.

Setelah kembali aktif sebagai kepala daerah usai cuti saat kegiatan kampanye , Bupati Rohul H.Sukiman mengapresiasi Desa Rambah dan dinilai dapat dijadikan pilot project oleh desa-desa lain yang berada di Rohul.

"Kebun kas desa ini bisa menjadi contoh bagi desa lain. Memang diperlukan saling membantu dan bermitra ke perusahaan. Selain pihak perusahaan terbantu, ekonomi masyarakat juga nantinya dapat bertambah melalui desa," kata Sukiman, Senin (7/12/2020), didampingi Ketua TP PKK Hj Peni Herawati, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Mubrizal, serta para Kades di Kecamatan Rambah Hilir.

Bupati mengucapkan terima kasih kepada manajemen perusahaan dan aparat desa. Kerjasama baik yang dilakukan merupakan suatu bentuk keseriusan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Sementara, Pjs Kades Rambah Adi Saputra menyatakan luas kebun desa yang ditanami bibit sawit lebih kurang 5 hektare. Kebun tersebut merupakan investasi dari PT Musimas Group kepada Pemerintah Desa Rambah, untuk menambah pendapatan asli desa dan pendapatan masyarakat setempat.

"Nantinya investasi ini akan diangsur pembayarannya setelah mendapatkan hasil, dan akan dicicil setiap bulannya dari hasil panen," ujar Adi Saputra.

Manajer PT Musimas Group Iwan Hartawan, mengaku sumber dana awal penanaman bibit sawit dibangun oleh perusahaan, mulai dari pembelian lahan, pengadaan bibit, hingga pembukaan jalan sepanjang 1,8 km. Sebelumnya, pihaknya juga sudah melakukan investasinya di sebuah desa di daerah Kabupaten Rokan Hilir dan Pelalawan.

Dari kegiatan penanaman itu, masyarakat dinilai dapat dilatih secara dasar tentang budidaya penanaman sawit yang benar dengan cara teknik-teknik ilmu perkebunan, sehingga hasil produksinya memuaskan.

"Bukan berarti menyalahkan masyarakat menanam dengan tidak benar, namun kita ingin mengarahkan pada umumnya masyarakat Rohul khususnya warga Desa Rambah untuk tidak lagi membudidayakan sawit secara tradisional, akan tetapi sudah melalui ilmu perkebunan agar mendapat hasil seperti kebun perusahaa," pungkas Manajer PT Musimas Grup Iwan Hartawan.

Dipenghujung kegiatan, Bupati Rohul bersama rombongan meninjau lahan dan menanam perdana bibit unggul sawit di areal kebun Kas Desa Rambah dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 melalui 3M (menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan/menghindari kerumunan.***(Adv Diskominfo Rohul)