Advertorial Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu

Apel kesiapsiagaan dan Gelar Sarpras Dalam Rangka Antisipasi Bencana

Rabu, 11 November 2020 | 19:45:14 WIB
Apel kesiapsiagaan dan Gelar Sarpras Dalam Rangka Antisipasi Bencana
Ket Foto :

ROHUL- Apel kesiapsiagaan dan Gelar Sarpras dalam rangka antisipasi bencana alam di Kabupaten Rokan Hulu yang di pimpin langsung Pjs Bupati Rokan Hulu  (Rohul) Drs.H.Masrul Kasmy, M.Si, Senin (9/11/2020). Sekitar pukul 08.30 Wib, Bertempat di Halaman Kantor Bupati Rohul

Apel kesiapsiagaan ini di ikuti oleh TNI / Polri, Dinas Perhubungan Rohul, Damkar dan Pol PP Rohul, serta Ormas, BPBD, Tampak juga hadir Kalapas, Kepala PN Pasir Pengaraian, Serta Perwakilan Kejaksaan Negeri Pasir Pengaraian.

Diawali dengan pemasangan Rompi penanganan bencana secara simbolis oleh Pjs Bupati Rokan Hulu H.Masrul Kasmy,M.Si serta pengecekan kelengkapan di setiap pleton pada pelaksanaan apel.Dalam Sambutannya Pjs Bupati Rohul menyampaikan apel kesiap siagaan ini dilakukan dengan berbagai langkah-langkah apalagi kita kaitkan dengan kondisi cuaca bulan- bulan terakhir di tahun 2020 ini adalah musim penghujan yang bisa sewaktu-waktu mengakibatkan Banjir, tanah longsor dan lainnya.

"Mudah-mudahan tidak akan terjadi hal-hal yang merugikan berupa bencana namun antisipasi kita sudah lakukan dengan baik" Ungkapnya

Pjs juga mengucapkan selamat kepada seluruh personil yang telah memberikan dukungan yang luar biasa Lakukan terus koordinasi, kerjasam"kami segenap pimpinan forkompinda mendoakan agar saudara dapat menjalankan tugas dengan baik sehingga bumi Rokan Hulu ini tetap diberikan suatu tempat ataupun laksana tempat yang terbaik bagi masyarakat" katanya

Dengan dilakukan kesiapsiagaan ini sehingga walaupun nanti kondisi kondisi itu terjadi kita dengan masyarakat dapat mengantisipasi dan kita semua terlindung dari bencana terutama banjir, tanah longsor dan kejadian kebakaran hutan dan lahan semoga kegiatan ini punya manfaat besar dan semakin menguatkan semangat kita untuk bersatu membangun negeri seribu Suluk ini.

Saat diwawancarai Pjs Bupati mengatakan bahwa dalam penanganan ini masing-masing steakholder agar bisa melakukan langkah-langkah penanganan dan kesiapsiagaan, bagaimana persiapan sarana, prasarana nya baik kendaraan, mobiler, untuk mengantisipasi kalau terjadi bencana, semoga ini semua dijauhkan dari negeri kita.

Pjs Menambahkan perlunya Kerjasama untuk bersinergi dengan seluruh komponen "Hari ini dalam apel kesiapsiagaan ini berguna untuk melihat seluruh personil, semoga mereka semua bersatu padu dalam mengahadapi segala persoalan, dan yang paling penting adalah dukungan dari masyarakat contoh kecilnya seperti bagaimana habbit masyarakat untuk tertip dengan aturan, buang sampah pada tempatnya hal ini merupakan sebuah nilai dalam upaya menjaga lingkungan" jelas Masrul.

Selain dari pada itu akan dilakukan juga pembuatan Posko dan tempat pengaduan yang berguna nanti untuk pergerakan cepat, seperti semacam Tim tanggap yang begitu cepat dan merespon cepat.

Selanjutnya Kapolres AKBP Taupfiq Lukman Nurhidayat SIK Mengajak kepada seluruh steakholder yang ada dan masyarakat untuk mewujudkan komitmen bersama dalam rangka mengantisipasi adanya bencana.

" Kita sudah melihat di suatu sisi Sekarang sudah memasuki cuaca hujan sehingga kita harus lebih antisipatif terhadap bantuan bencana" ungkap Kapolres.

Dengan dilakukannya apel bersama ini adalah suatu kegiatan untuk cek ricek terkait masalah sarana dan prasarana, kesiapsiagaan personil serta kesiapsiagaan semua pihak untuk bisa mengantisipasi lebih awal bencana sehingga nanti berharap bencana tidak terjadi di Rokan Hulu.

Dalam pelaksanaannya Kapolres menjelaskan bahwa baik Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, serta seluruh relawan untuk bisa menginpentarisasi daerah yang rawan bencana, sehingga bisa dilakukan antisipasi lebih awal supaya tidak menimbulkan korban baik jiwa, harta maupun yang lainnya.

Dilakukan apel ini merupakan suatu bentuk tanggungjawab semua pihak termasuk masyarakat dalam rangka untuk mencegah timbulnya bencana alam, bisa dilakukan dengan tindakan yang sederhana seperti tidak membuang sampah sembarangan demi untuk menjaga kelestarian lingkungan dan jangan mudah membakar lahan dan hutan, oleh karena itu dengan dilakukan apel kesiapsiagaan ini kita bisa melakukan tindakan lebih awal dan lebih masiv dalam penanganannya.*** (Adv Diskominfo Rohul)