Dipanggil, Ahok Bawa Dokumen ke Kantor KPK

Dipanggil, Ahok Bawa Dokumen ke Kantor KPK
Ahok penuhi penggilan KPK
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akhirnya memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras.
 
Dikutip dari CNNIndonesia.com, Ahok sudah di Gedung KPK sekitar pukul 09.00 WIB dengan mengenakan kemeja batik dan celana bahan berkelir hitam. Ahok terlihat membawa sejumlah dokumen yang diduga terkait dengan RS Sumber Waras.
 
Dalam kesempatan tersebut, Ahok mengatakan, tidak ada persiapan khusus dalam pemeriksaan dirinya di KPK. Ia mengaku hanya membawa sejumlah dokumen yang pernah dibawa saat diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan terkait hal yang sama.
 
"Persis yang kami bawa untuk BPK. Ya, semua yang sudah kami pernah bawa ke BPK," ujar Ahok di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (12/4/2016).
 
Lebih lanjut, Ahok berkata siap untuk ditanyakan apa saja oleh penyidik KPK terkait dengan dugaan korupsi tersebut. Ia mengklaim, memiliki beberapa data yang dianggap bisa menjelaskan duduk perkara dugaan korupsi tersebut.
 
"Kan BPK sudah pernah lakukan audit investigasi. Ya pokoknya nanti kita tanya saja dia (penyidik KPK) mau apa," ujar Ahok.
 
Sebelumnya, BPK menemukan adanya perbedaan harga Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) pada lahan di sekitar RS Sumber Waras di Jalan Tomang Utara dengan lahan rumah sakit itu sendiri di Jalan Kyai Tapa. 
 
BPK menaksir kerugian negara sebanyak Rp191 miliar. Dalam laporannya, BPK meminta Ahok membatalkan pembelian. Namun Ahok tetap ngotot membeli lahan pembangunan RS Sumber Waras. Dalam dugaan perkara tersebut, Ahok dilaporkan ke KPK karena dituding menyelewengkan pembelian lahan untuk pembangunan rumah sakit pemerintah itu seluas 3,7 hektar. 
 
Namun, seolah merasa yakin tak bersalah, Ahok justru berencana memperluas rumah sakit tersebut apabila ada sejumlah pihak yang menjual lahan seluas 7,5 hektare itu di tengah Kota Jakarta. (das/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri