Jadi Penghasil Minyak dan Penyumbang DBH Migas Ter

Belum Ada Wacana Pemekaran Kecamatan Bangko Pusako dari Rohil

Belum Ada Wacana Pemekaran Kecamatan Bangko Pusako dari Rohil
Camat Bangko Pusako, Sukardi.
BAGANSIAPIAPI - Meski penghasil minyak terbesar di Rokan Hilir (Rohil) sekaligus penyumbang Dana Bagi Hasil Minyak dan Gas Bumi (DBH Migas) terbesar untuk APBD, sampai saat ini belum ada wacana Kecamatan Bangko Pusako ingin dimekarkan. Masyarakat menganggap bergabung dengan Kabupaten Rokan Hilir merupakan langkah terbaik. 
 
"Sampai hari ini Insya Allah belum ada (wacana pemekaran, red), aman, mengikuti apa yang diarahkan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (bergabung, red)," kata Camat Bangko Pusako, Sukardi, Senin (11/4/16) usai pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten Rokan Hilir 2016 di Bagansiapiapi.  
 
Tiga kecamatan penghasil minyak di Rohil, Bangko Pusako, Tanah Putih dan Kubu, diklaimnya Kecamatan Bangko Pusako masih yang terbesar. "Minyak insya Allah yang berkait PAD (DBH Migas, red) itu adalah Bangko Pusako, Tanah Putih dan Kecamatan Kubu, tapi paling besar di Bangko Pusako," klaimnya. 
 
Meski tidak ada wacana pemekaran, ada kontrak-kontrak sub kontraktor dengan PT Chevron yang belum ditanda tangani. "Ada kontrak-kotrak menunggu untuk diteken kembali oleh perusahaan terkait sesuai scedul," sebutnya dengan kondisi masih kondusif. 
 
Dalam pada itu, belum lama ini muncul kepermukaan sejumlah elemen masyarakat di Kecamatan Tanah Putih dan Kubu ingin memisahkan diri dari Kabupaten Rokan Hilir. (max/rtc)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri