Wow! Deretan Perusahaan Tertua di Dunia Ini Mampu Bertahan hingga Berabad-abad

Wow! Deretan Perusahaan Tertua di Dunia Ini Mampu Bertahan hingga Berabad-abad
Ilustrasi.
PEKANBARU - Tahukah anda, jika ternyata ada perusahaan-perusahaan di dunia yang usianya jauh lebih tua dari anda? Atau bahkan lebih tua dari ayah dan kakek anda? 
 
Sebab, perusahaan-perusahaan tersebut usianya ternyata rata-rata sudah lebih dari 400 tahun atau lebih dari 4 abad. Dan hebatnya, perusahaan-perusahaan tertua di dunia tersebut ternyata masih beroperasi hingga saat ini. 
 
Apa saja nama perusahaan-perusahaan tertua di dunia tersebut? Berikut Riaurealita.com rangkum dari berbagai sumber:
 
Beretta
 
 
Pemiliknya bernama Maestro Bartolomeo Beretta adalah seorang yang ahli dalam pembuatan senjata di Gardone. Karena keahliannya itu, dia bayar oleh Arsenal of Venice untuk membut 185 senjata berjenis laras arquebus. Pada tahun 1526 perusahaan ini didirikan, kedisiplinan yang sangat di tekannya didalam perusahaan ini yang mengakibatkan bon-bon hasil penjualan masih tersusun rapi hingga kini.
 
Kini, anak dari Beretta lah yang meneruskan perusahaan ini, yaitu Pietro dan Franco hingga saat ini. Kehebatan dari perusahaan ini tidak diragukan lagi, lebih dari 1.500 senjata lahir setiap harinya.
 
Grolsch
 
 
Jika tadi Haig adalah perusahaan penyulingan whisky tertua didunia, Grolsch lah yang memegang perusahaan pembuat bir tertua didunia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1615 di Belanda. Perusahaan ini hanya memproduksi volume bir yang kecil, dalam pertahunnya perusahaan ini menghasilkan tiga juta hektoliter. Namun perusahaan ini menciptakan bir premium yang mempunyai kualitas yang diakui oleh dunia.
 
Pendirinya adalah Willem Neerfelt, selama 200 tahun perusahaan ini berhasil diteruskan oleh keturunannya, namun karena beberapa faktor, perusahaan ini dijual.
 
Fiskars
 
 
Peralatan dapur yang anda dapati sekarang ini, seperti pisau dan gunting mulai dibuat disuatu tempat penempaan besi yang ada di Finlandia. Selama lebih dari 360 tahun, perusahan ini telah terlibat dalam berbagai macam pembuatan alat-alat rumah tangga, dan juga pertanian, contohnya alat bajak tanah, mesin uap, dan juga alat-alat agricultural lainnya. Warna terkenal, yaitu Fiskars Orange, secara resmi didaftarkan sebagai merek dagang di Finlandia pada tahun 2003 dan di Amerika Serikat pada tahun 2007.
 
Haig
 
 
Perusahaan ini adalah perusahaan wisky tertua didunia, yang didirikan pada tahun 1627. Penyulingan ini berhasil bekerja selama lebih dari 300 tahun. Nama perusahaan ini berasal dari nama pemiliknya yang bernama Robert Haig. Keunikan yang ada pada perusahaan ini adalah dari botol yang dijual ke publik, yaitu botol tiga sisi, hal inilah yang menjadikan botol tiga sisi ini pertama kali ada dunia dagang AS.
 
Royal Delft 
 
 
Royal Delft pertama kali didirikan oleh David Anthoniszpada tahun 1653. Nama awalnya sebenarnya adalah De Porceleyne Fles (The Porcelain Jar). Royal Delft merupakan sebuah pabrik porselen. Dan tercatat sebagai pabrik porselen yang pertama didirikan.
 
London Gazette 
 
 
The London Gazette pertama kali beroperasi pada tanggal 7 November 1665. The London Gazette merupakan perusahaan surat kabar dan tercatat sebagai perusahaan koran Inggris tertua. 
 
Sveriges Riksbank 
 
 
Sveriges Riksbank atau lengkapnya Sveriges Riksbank Stockholms Banco didirikan pada tahun 1665 oleh Johan Palmstruch. Sveriges Riksbank Stockholms Banco kerap dianggap sebagai Bank sentral tertua di dunia.
 
Lloyd's of London
 
 
Memulai bisnisnya sebagai pemilik Edward Lloyd’s Coffee House di tahun 1688, Llyod menjadi pionir dalam bisnis asuransi. Rumah kopinya perlahan-lahan dikenal sebagai tempat dimana orang-orang bisa mendapatkan asuransi pengiriman. Sekarang, Llyod’s of London menyediakan asuransi untuk semua hal, seperti menanggung semua penyedia layanan asuransi di seluruh dunia dan juga asuransi satelit luar angkasa.
 
Twinings Tea
 
 
Perusahaan ini adalah perusahaan pemproduksi tea tertua di Inggris, yang didirikan oleh Thomas Twining  pada tahun 1706. Pada awal penjualan, penjualannya hanya dibeli oleh orang-orang kalangan atas, karena harga yang sangat malah dikala ini yaitu sekitar $250 dollar untuk 100 gram teh. Toko ini masih ada sampai sekarang, tepatnya di London.
 
Sotheby’s 
 
 
Sotheby's merupakan satu perusahaan multinasional yang saat ini berkantor pusat di New York City. Perusahaan holding Amerika ini didirikan pada bulan Agustus 1983 di Michigan. Namun Sotheby’s sendiri pada awalnya didirikan di London, Inggris tanggal 11 Maret 1744.
 
Itulah deretan perusahaan paling tua di dunia yang berhasil jaya dan terkenal hingga kini. (max)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri