Dijamin! Tahun Ini Tidak Ada Bencana Asap Lagi

Dijamin! Tahun Ini Tidak Ada Bencana Asap Lagi
Presiden Joko Widodo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya meninjau karhutl
JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya menjamin tahun ini tidak akan terjadi bencana asap akibat kebakaran hutan seperti yang terjadi pada tahun lalu. "Target saya, tahun ini tidak ada bencana asap lagi," kata Menteri Siti saat di Kepulauan Seribu pada Minggu (10/4/2016).
 
Menteri Siti mengatakan pihaknya telah menjalankan tim terpadu penanganan kebakaran. Tim terpadu tersebut, secara taktis bakal bertindak saat menemukan titik api. Ia optimis tim ini dapat menjadi juru kunci bencana asap tidak akan terjadi lagi.
 
Menurut dia, saat ini tim terpadu memiliki kewenangan untuk mengawasi jumlah titik api di daerah masing-masing. Mereka terdiri dari berbagai unsur termasuk KLHK, kepolisian, TNI, dan elemen masyarakat. Mereka bertanggung-jawab penuh terhadap pengawasan api di daerah masing-masing.
 
Menurut Siti, sebelumnya penanganan kebakaran hanya menggantungkan kepada pemerintah pusat ketika api sudah menjalar ke mana-mana dan membesar. Saat ini, pola itu diperbaiki. "Sekarang jumlah kebakaran semakin berkurang," kata Siti seperti dilansir Tempo.co.
 
Tim terpadu itu diciptakan Siti sejak Januari lalu. Hasilnya pihaknya dapat menekan angka kebakaran 17 persen lebih sedikit dibanding tahun lalu di periode yang sama. "Karena ketika menemukan hotspot, tim terpadu langsung mematikan."
 
Tahun lalu pemerintah menghadapi kesulitan saat menangani bencana asap di sejumlah daerah terutama di Riau, Sumatera, dan Kalimantan. Bencana asap membuat ribuan warga terpaksa diungsikan. Bahkan sejumlah negara tetangga juga ikut membantu menangani kebakaran hutan tersebut. (max/tmp)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri