PEKANBARU

Pemko Pekanbaru Izinkan OTG dan Pasien Gejala Ringan Covid-19 Isolasi Mandiri di Rumah

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengizinkan Orang Tanpa Gejala (OTG) dan pasien Covid-19 dengan infeksi atau gejala ringan untuk diisolasi mandiri di rumah masing-masing. Walikota Pekanbaru Firdaus MT mengatakan, saat ini ada empat pengelompokan pasien Covid-19 sesuai kategori penanganannya.

Pertama adalah Orang Tanpa Gejala (OTG), kedua pasien Covid-19 dengan infeksi ringan, ketiga pasien dengan gejala sedang dan kelompok terakhir pasien dengan gejala berat. "Dua kelompok pertama disarankan menjalani isolasi mandiri di rumah dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Walikota di Pekanbaru, Rabu (7/10/2020).

Kata Wako, dua kelompok yang boleh isolasi mandiri di rumah masing-masing itu harus benar-benar menerapkan protokoler kesehatan, tidak melakukan aktivitas di luar rumah, tidak kontak dengan keluarga dan tetap mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga dan berfikiran positif.

Selanjutnya, kata Wako, kelompok ketiga adalah pasien dengan gejala sedang. Mereka harus dirawat di rumah penampungan yang disediakan pemerintah. "Dalam hal ini Pemko sudah menyediakan penampungan ada Rusunawa Rejosari dan Bangunan Diklat Pendidikan Pemprov Riau di Jalan Ronggo Warsito," kata Firdaus.

Kini dua lokasi ini masih memungkinkan untuk penambahan pasien. "Jika ada peningkatan maka Pemko akan menyediakan tempat alternatif di hotel-hotel," katanya.

Kemudian, kata dia, untuk yang dirawat di Rumah Sakit (RS) baru kelompok dengan gejala parah. "Kelompok keempat adalah gejala berat atau parah ini harus dirawat di RS khusus COVID-19," katanya.

Wako juga mengimbau agar masyarakat jangan abai, harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Semua ini tidak bisa kerja sendiri pemerintah saja harus bersama-sama guna mencegah penularan lebih lanjut.***



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video