RIAU

Jalan Pulau Kumpai Rusak Parah; Warga, Pemkab Dinilai Abai

TELUKKUANTAN -Jalan yang dulu terbilang lancar. Kini, akses transportasi di sepanjang Desa Pulau Kumpai Pangean terkendala. Jalan rusak parah. Banyak lobang-lobang besar mengangah di sepanjang jalan. Sehingga mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

"Memang parah jalan di Pulau Kumpai sekarang ini. Banyak rusak. Banyak lobang-lobang besar. Ini mengganggu sekali, Pemkab Kuansing terkesan abai ',  kata Isus Pamor, warga Pulau Kumpai Pangean kepada wartawan, Kamis (24/9/2020).

Dan yang lebih parah lagi, kata Isus, adalah ruas jalan dari Pulau Kumpai menuju Dusun Batang Moncak Pasarbaru Pangean dan menjangkau Desa Kepala Pulau Baserah. Ruas jalan tersebut berlumpur. Tak bisa lagi dilewati kendaraan rodan empat.

"Kalau beberapa tahun yang lalu masih bisa dilewati mobil jenis sedan. Sekarang sepeda motor pun nyaris tak bisa melintasinya. Sangat luar biasa kerusakannya sekarang. Tak ada perhatian sedikitpun dari pemerintah sekarang untuk memperbaikinya," kesal Isus.

Begitupula yang diutarakan Ketua BPD Desa Pulau Kumpai Pangean, Hafiz Utama. Menurutnya, jalan yang dulunya terbilang lancar dilewati. Namun sekarang tidak bisa lagi dilewati. Hal ini akibat pembiaran selama ini. Sehingga kerusakan jalan semakin parah.

"Jadi, inilah akibatnya kalau jalan dibiarkan. Semakin parah kerusakannya. Dulu bisa lewat mobil. Sekarang tak bisa lagi. Ontah lanye," kesal Hafiz kepada awak media, Kamis (24/9/2020)

Ke depan, Hafiz berharap seluruh ruas jalan di sepanjang Pulau Kumpai ini mendapat perhatian serius dari pemerintah. Pasalnya, ruas jalan Pulau Kumpai ini jalan lintas yang bisa mempercepat akses ke wilayah Baserah.

"Itu kalau jalan bagus. Tapi sekarang kan tak bisa lewat. Jalannya banyak lumpur. Sedangkan jalan aspal yang dulu lumayan lancar, sekarang sudah menjadi kubangan," ungkapnya lagi.

Melihat parahnya kondisi jalan di Pulau Kumpai, Kepala Desa Pulau Kumpai Pangean Hanapius mengakuinya. Bahwa kondisi jalan di sepanjang Pulau Kumpai semakin buruk. Karena jalan yang dulunya lancar dilewati, namun kini sulit dilewati.

"Terakhir perbaikan dan pengaspalan jalan di Pulau Kumpai tahun sekitar 2015 lalu. Waktu itu tak banyak jalan berlobang. Tapi kini, sudah seperti kubangan. Parah kondisinya," kata Hanapius, Selasa (22/9/2020) kemarin.

Persoalan jalan buruk ini telah disampaikannya kepada Pemkab Kuansing dalam berbagai kesempatan. Namun tak kunjung ada perhatian. Maka, Ia memilih mengadukannya kepada Ketua DPRD Kuansing Andi Putra SH MH dan anggota DPRD Riau H Sukarmis, beberapa waktu lalu.

"Kami menilai, Pak Andi Putra bisa berkomitmen untuk memperbaiki akses jalan yang rusak ini. Karena kita tahu, mereka komit dengan komitmen. Maka, kami berharap nantinya jalan itu bisa diaspal ke depan. Karena memang terakhir diaspal, itu masih masa Pak Sukarmis," katanya.



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video