Ledia Hanifa Amalia, Sosok Pengganti Fahri Hamzah

Ledia Hanifa Amalia, Sosok Pengganti Fahri Hamzah
Ledia Hanifa Amalia

JAKARTA -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menunjuk Ledia Hanifa Amalia untuk menggantikan posisi Fahri Hamzah duduk di kursi Wakil Ketua DPR RI yang merupakan salah satu posisi prestisius di parlemen.

Ketua Departemen Bidang Hukum PKS, Zainudin Paru mengatakan rapat Dewan Pimpinan Tingkat Pusat PKS telah memutuskan Ledia Hanifa Amaliah sebagai pengganti Fahri Hamzah menjadi Wakil Ketua DPR. "Wakil Ketua DPR Ledia Hanifa," katanya di Jakarta, Kamis (6/4/2016).

Dia mengatakan, rapat Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) juga menghasilkan keputusan yaitu mengangkat Mustafa Kamal sebagai Sekretaris Jenderal PKS menggantikan Taufik Ridho. Menurut dia, Abdul Hakim diangkat sebagai Wakil Sekjen PKS.

"Sementara baru itu dulu di jajaran DPP dan penggantinya Fahri Hamzah di DPR," ucapnya. Sementara itu menurut dia, terkait pelantikan Ledia Hanifa tinggal menunggu mekanisme internal di DPR.

Ketua DPP PKS Bidang Media, Dedi Supriadi mengatakan rapat DPTP tersebut dilaksanakan pada Rabu (6/4) siang dipimpin Ketua Majelis Syuro PKS Salim Assegaf Al Jufrie. Ledia bukan orang baru di jajaran partai yang dikenal membina kadernya secara berjenjang dengan baik itu.

Dikutip dari situs resmia Ledia seperti dilansir republika.co.id, perempuan kelahiran 30 April 1969 itu bergabung dengan PKS sejak 1989 yang saat itu masih bernama Partai Keadilan. Memiliki latar belakang pendidikan sarjana Kimia dari Universitas Indonesia, ibu dari empat orang anak itu melanjutkan pendidikan Magister Fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada 2000.

Memberikan perhatian di bidang pengembangan politik perempuan, Leida yang lahir di Jakarta itu pada 2005 hingga 2010 dipercaya sebagai Ketua Dewan Pengurus Pusat PKS bidang Kewanitaan. Ia mendorong didirikannya 4.500 pos Wanita Keadilan di 33 Provinsi saat itu. (das/rci)


Berita Lainnya

Index
Galeri