Pilkada Kuansing 2020;

Andi Putra-Suhardiman Pendaftar Pertama di Kuansing

TELUKKUANTAN - Arak-arakan warga mengantarkan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakul Bupati Kuansing Andi Putra SH MH dan Drs H Suhardiman Amby Ak MM ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kuansing di Telukkuantan, Jumat (4/9/2020).

Namun sebelum bergerak dari kediaman nya, Andi Putra bersimpuh dan mohon doa restu pada kedua orangtuanya H Sukarmis dan Hj. Juwita Alfis. Moment penuh haru itu pun, mendapatkan simpati dari simptisan dan pendukung Andi Putra - Suhardiman , yang sudah memadati kediaman Andi Putra sejak pagi.

Pasangan Andi Putra-Suhardiman Amby adalah pendaftar pertama sebagai peserta Pilkada Kuansing 2020. Selain arak-arakan kendaraan bersama massa yang terdiri dari pemangku adat ninik mamak, tokoh masyarakat, tokoh agama, para pemuda dan kaum emak-emak, Ketua Tim ASA Kuansing H Sukarmis dan Sekretaris H Erlianto.

Sekitar pukul 10.00 WIB, pasangan ASA tiba di Kantor KPU Kuansing. Tiga pimpinan partai politik (Parpol) sebagai pengusung turut mengantarkan pasangan ASA, masing-masing dari Golkar, Hanura dan PKS. Dengan perolehan 9 kursi. Dari 7 kursi yang dipersyaratkan. 

Semarak pendaftaran pasangan ASA ini terasa. Apalagi massa dihibur dengan penampilan Kuda Lumping dan musik Randai Kuansing. Ketua KPU Kuansing Irwan Yuhendi beserta komisioner lainnya menerima kedatangan Andi Putra-Suhardiman dan rombongan di KPU Kuansing. Mereka pun disambut tarian payung dan silat.

Dengan sesuai protokol kesehatan Covid-19, KPU melakukan pemeriksaan terhadap berkas calon. Pasangan ASA disambut bak menyambut mempelai pernikahan. Duduk bersanding di kursi yang bernuansa adat. Sementara, pasangan ASA beserta istri menggunakan pakaian khas Melayu.

Ketua KPU Kuansing Irwan Yuhendi menyampaikan, bahwa pilkada Kuansing kali ini mengusung tagline Kuansing Bararak. Kental dengan nuansa adat. Hal ini menurutnya menyampaikan pesan, bahwa Kuansing ini adalah negeri beradat.

"Kita menyambut dengan prosesi adat. Karena kita negeri beradat. Naka, kita memakai nuansa adat. Karena itu, mari kita sama-sama menjaga persatuan dan kesatuan kita di Kuansing sebagai negeri beradat," kata Irwan dalam pengantar sambutannya.

Selanjutnya, Komisioner KPU Kuansing Ahdanan Saleh menyampaikan, bahwa berkas pencalonan dari setiap pasangan akan diperiksa secara terbuka. Dan menurutnya, pasangan ASA yang diusung 9 kursi memenuhi syarat dukungan untuk diverifikasi pencalonannya. Dan begitupula dengan hasil swab kesehatan paslon yang diterima KPU Kuansint, keduanya sehat. Negatif covid-19.

"Alhamdulillah hasil swab sudah kita terima. Sehat. Hasilnya negatif. Dan selanjutnya berkas pencalonan ini kita lihat. Periksa. Karena memang harus terbuka pemeriksaannya. kalau belum lengkap. Akan ada perbaikan hingga tanggal 6. Dan setelah diperiksa, pasangan ASA diusung 9 kursi. Golkar, Hanura dan PKS. Ini memenuhi syarat untuk diverifikasi pencalonannya," jelas Ahdanan.



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video