EKONOMI

Beli Mobil saat Pandemi, Ide Bagus atau Buruk?

Masa pandemi yang sedang dihadapi oleh seluruh dunia membuat kondisi ekonomi menjadi lesu akibat adanya aturan pembatasan ruang kerja dan kegiatan bagi masyarakat luas yang bertujuan untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Salah satu sektor ekonomi yang paling terpukul adalah otomotif. Di Indonesia terjadi penurunan daya beli mobil baru dan bekas dengan angka yang cukup signifikan, namun begitu bukan berarti tidak ada yang berpikiran untuk menggunakan kesempatan pandemi ini untuk membeli kendaraan baru. Alasan utamanya karena harga kendaraan jadi lebih murah dibandingkan harga normal. Namun, apakah membeli mobil di saat pandemi merupakan ide yang bagus? Yuk, kita bedah kekurangan dan kelebihan dari ide tersebut.

Tentukan dulu prioritasmu

Untuk saat ini ada dua golongan masyarakat yang terpengaruh oleh pandemi ini, pertama adalah golongan masyarakat yang finansialnya tidak terganggu karena bekerja di sektor-sektor yang penting seperti bank, pemerintahan, kesehatan, dan sejenisnya. Kedua adalah golongan masyarakat yang finansialnya terganggu karena sektor usahanya mengalami gangguan seperti hotel, travel, dan sejenisnya.

Dengan mengetahui kamu masuk ke golongan yang mana, tentunya ide untuk membeli mobil di masa pandemi bisa kamu timbang dengan lebih baik. Jika kamu masuk golongan pertama tentu sah saja untuk membeli mobil baru atau bekas, apalagi kendaraan pribadi jadi salah satu ruang paling aman yang bisa kamu gunakan tanpa perlu takut terpapar pandemi. Transaksi yang akan kamu lakukan juga bahkan akan jadi hal yang bagus karena memberikan stimulus ekonomi, ditambah kamu bisa mendapatkan harga di bawah normal karena demand yang turun di masyarakat.

Namun jika kamu masuk ke dalam golongan kedua, lebih baik diurungkan niatnya. Selain kamu harus lebih berhati-hati dalam mengelola keuangan di masa yang genting ini, kredit mobil pastinya akan membuat aliran dana milikmu jadi tersendat, bahkan ada kemungkinan berhenti. Kita juga tidak tahu sampai berapa lama kondisi ini akan terus berlangsung, sehingga opsi membeli kendaraan alangkah baiknya disingkirkan terlebih dahulu.

Ide bagus atau buruk?

Selalu pastikan apa tujuan utama kamu membeli kendaraan. Apakah untuk memperluas bisnis milikmu? Untuk keperluan darurat? Atau hanya sekadar koleksi dan iseng? Hal tersebut sangat penting karena terlepas dari golongan pertama atau kedua, masa pandemi seperti sekarang selalu siap memberikan kejutan yang tidak bisa kita tebak dan akan lebih bijaksana bagi kita untuk selalu menyiapkan diri, menghindari terjebak dalam situasi yang tidak menguntungkan.

Jika kamu memutuskan untuk membeli mobil, pastikan kamu sudah menyiapkan asuransi terbaik untuk kendaraanmu. Untuk masa seperti sekarang, solusi paling tepat adalah asuransi mobil Qoala. Kenapa begitu? Asuransi digital menjadi salah satu hal yang penting untuk saat ini karena kamu bisa mendapatkan perlindungan tanpa perlu keluar dari rumah, sehingga bebas dari paparan Covid-19. Selain itu kamu juga bisa membandingkan dan melakukan klaim dengan cara paling mudah, cukup swipe dan tap lewat smartphonemu! (Adv)



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video