Serda Epy Suanto Babinsa Koramil 07/Kuantan Hilir Dim 0302/Inhu Bantu Petani Merawat Sayuran

Serda Epy Suanto Babinsa Koramil 07/Kuantan Hilir Dim 0302/Inhu Bantu Petani Merawat Sayuran

TELUKKUANTAN- Babinsa Ramil 07/Kuantan Hilir Serda Epy Suanto membantu petani melaksanakan Perawatan sayuran di Desa Rawang Oguong Kecamatan Kuantan Hilir Seberang Kabupaten Kuantan Singingi,Kamis (27/8/2020).

Kita tahu bahwa wilayah Desa Rawang Oguong ini sangat subur dan membuat sebagian besar warga membudidayakan tanaman sayuran, selain untuk bisa untuk dikonsumsi juga dijual ke pasar. 

Desa Rawang Oguong merupakan salah satu bagian wilayah Kabupaten Kuantan Singingi yang secara georafis memiliki struktur tanah rata dan Subur, Hal tersebut tentunya mempengaruhi budaya, sosial dan ekonomi masyarakat sekitar. Begitupun para petani yang telah bertahun-tahun beradaptasi dengan kondisi wilayah tersebut.

Seperti halnya para petani di Desa Rawang Oguong, mereka memaksimalkan lahan pertanian dengan menanami tanaman holtikultura baik itu sayur mayur, buah buahan maupun jagung.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata mendukung dan mensukseskan swasembada pagan yang sudah diprogramkan pemerintah,” Papar Babinsa .

Sayur merupakan sumber vitamin dan mineral. Beberapa vitamin penting yang terkandung di dalam sayuran seperti vitamin A yang berasal dari Karotin berguna untuk kesehatan mata. Lalu ada mineral penting, seperti zat besi yang berguna untuk menjaga kadar Haemoglobin darah. Sayuran juga merupakan sumber serat yang amat dibutuhkan bagi pencernaan.

Menyadari akan pentingnya manfaat dari sayur mayur inilah, Serda Epy Suanto Babinsa jajaran Kodim 07/Kuantan Hilir tak bosan memberikan pengertian kepada warga binaannya agar senantiasa mengkonsumsi sayur sesuai kadar yang dibutuhkan serta membudidayakan komoditi sayuran di lahan-lahan mereka.

“Tidak hanya dikonsumsi saja, tanaman sayur ini jika di budidayakan dengan benar juga akan menghasilkan income tersendiri bagi para petani,” kata Serda Epy Suanto.

Untuk itu, melalui upayanya membantu warga terjun langsung ke lahan seperti ini, diharapkan warga akan tergugah untuk secara ulet menanam tanaman sayuran.

Babinsa Serda Epy Suanto mengungkapkan, “dalam setiap kesempatan dirinya selalu terus berupaya memberikan pendampingan dan motivasi kepada petani serta tetap menghormati adat istiadat dan kebudayaan masyarakat binaan.

“Para petani bisa diarahkan untuk menanam tanaman selain Sayur -Sayuran yang mempunyai nilai ekonomis seperti cabai, jagung dan juga buah-buahan yang sesuai dengan kondisi struktur tanah di Desa Rawang Oguong.


Berita Lainnya

Index
Galeri