PSBB Tahap II Berakhir, Kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru Menurun

Jumat, 15 Mei 2020 | 00:12:29 WIB
PSBB Tahap II Berakhir, Kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru Menurun
Ket Foto :

PEKANBARU - Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) tahap II di Kota Pekanbaru telah berakhir 14 Mei 2020 kemarin. Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru Muhammad Amin, mengungkapkan, dalam masa PSBB ada terjadi penurunan jumlah kasus Covid-19.

Namun berdasarkan data dari Diskes Pekanbaru, ada penambahan kasus positif yang berasal dari pasien yang datang dari wilayah zona merah. "Secara komulatif, kalau kita hitung dari kasus per kasus terjadi penurunan," ujar Amin, Jumat (15/5/2020).

Bertambahnya kasus positif dalam masa PSBB, dikatakan Amin, merupakan pasien yang memiliki riwayat perjalanan dari wilayah zona merah. Jadi pertambahan kasus positif karena orang-orang yang datang dari luar daerah Kota Pekanbaru yang berasal dari wilayah zona merah.

Sementara kasus transmisi lokal (penularan infeksi yang terjadi dalam masyarakat lokal) virus corona, kata Amin, menunjukkan penurunan. Sehingga pelaksanaan PSBB di Pekanbaru dianggap mampu mengurangi laju pertambahan kasus Covid-19.

"Ada penurunan kasus transmisi lokal. Kasus bertambah karena adanya intervensi pendatang dari luar Pekanbaru, jadi seperti ada peningkatan saat masa PSBB," jelasnya.

Berdasarkan rapat evaluasi, maka PSBB Pekanbaru diperpanjang menjadi PSBB tahap III mulai 15 Mei hingga 14 hari ke depan. Perpanjangan PSBB ini akan disesuaikan dengan PSBB Riau bersamaan dengan 5 kabupaten kota lainnya. (Adv)