Pemerintah Akui Harga BBM Indonesia Masih Kalah Murah dari Malaysia

Pemerintah Akui Harga BBM Indonesia Masih Kalah Murah dari Malaysia
Petronas.
JAKARTA - Harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar yang bakal diturunkan PT Pertamina (Persero) mulai esok (1/4/2016) menjadi Rp6.450 per liter dan Rp5.150 per liter diakui pemerintah masih lebih mahal dibandingkan harga BBM yang dijual di Malaysia.
 
Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebut, harga BBM penugasan dan bersubsidi yang ditentukan harganya oleh pemerintah itu menempati urutan ke-3 termurah dibandingkan harga BBM negara-negara anggota Asean lainnya.
 
Pramono mencatat, di urutan pertama negara Asean yang menetapkan harga paling murah adalah Malaysia yang melego BBM sejenis solar Rp4.293 per liter dan sejenis premium Rp5.090 per liter.
 
Di urutan kedua, ada Vietnam yang bisa menjual solar Rp5.720 per liter. Sementara Filipina melego BBM sejenis solar dengan harga lebih mahal yaitu Rp6.500, Thailand Rp8.281, Kamboja Rp8.580, Singapura Rp9.280, dan Laos Rp11.050 per liter. 
 
“Banyak persepsi yang mengatakan bahwa harga premium dan solar di Indonesia termasuk mahal dan harga menengah. Kalau dibandingkan, hanya Malaysia memiliki harga premium dan solar lebih murah dibandingkan Indonesia. Harga solar di Vietnam dan Filipina lebih mahal dibandingkan di Indonesia,” kata Pramono, dikutip CNN Indonesia, Kamis (31/3/2016).
 
Dalam menetapkan harga BBM, Pemerintah Indonesia menurutnya selalu berupaya menjaganya untuk tetap rendah. Sehingga inflasi tahunan dapat terjaga.
 
“Untuk itu perlu langkah-langkah yang diatur pemerintah termasuk harga BBM,” ujar Pramono.
 
Oleh karena itu, ia menilai harga BBM di Indonesia relatif masih lebih baik dibandingkan beberapa negara lain di dunia. Jika dibandingakn dengan 173 negara yang ada, mantan Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menyebut harga jual BBM di Indonesia termurah ke-16 di dunia.
 
Berturut-turut harga BBM sejenis premium termurah ditempati Oman dengan harga Rp2.586, kemudian Qatar Rp3.850, Uni Emirat Arab Rp4.583, Malaysia Rp5.090 dan Amerika Rp5.541 per liter. (max/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri