Peristiwa Rengat Bersejarah, Bupati Yopi Peringati dengan Cara Ini

Peristiwa Rengat Bersejarah, Bupati Yopi Peringati dengan Cara Ini

RENGAT - Peringati peristiwa Rengat Bersejarah 5 Januari 1949, Bupati Indragiri Hulu (Inhu), H. Yopi Arianto SE gelar yasinan, tahlil dan santunan anak yatim piatu bersama ASN, honorer, dan masyarakat Kota Rengat di Gedung Dang Purnama, Rengat. Sabtu 4 Januari 2020 malam.

Diawali dengan shalat magrib, mendengarkan ceramah agama dan shalat Isya berjamaah di beberapa masjid dan mushalla yang telah ditentukan di Kota Rengat dan sekitarnya oleh pejabat/ASN dan honorer se-Kabupaten Indragiri Hulu, selanjutnya kegiatan dilaksanakan di Gedung Dang Purnama Rengat.

Rangkaian acara di gedung diisi dengan makan malam bersama, yasinan dan tahlil  yang dipandu Ketua MUI Inhu, H. T. Wahab MH, tausyiah dan doa oleh Armin, S.Ag serta penyerahan santunan 550 orang anak yatim dan janda.

Bupati Inhu, H. Yopi Arianto SE dalam arahannya mengatakan bahwa pelaksanaan peringatan yang diawali shalat berjamaah di masjid dan mushalla kali ini menunjukkan kehadiran Pemerintah Kabupaten Inhu di tengah-tengah masyarakat dalam menyebarluaskan informasi tentang peringatan peristiwa 5 Januari di Kota Rengat dimana banyak korban jiwa  akibat agresi militer Belanda kedua.

Pada pelaksanaan peringatan 5 Januari kali ini yang berada di akhir periode kedua masa jabatan H. Yopi Arianto sabagai Bupati Inhu menyampaikan permohonan maaf selama menjabat khususnya dalam prosesi peringatan 5 Januari 1949.
  
"Peringatan ini hendaknya tidak dipolitisir apalagi terkait prosesi pelaksanaannya yang berubah-ubah setiap tahunnya. Ini murni untuk kepentingan masyarakat Kota Rengat khususnya dan Kabupateb Inhu umumnya dalam mengingat sejarah kelam Kota Rengat. Mari kita laksanakan dengan khidmat untuk menghargai arwah para pahlawan dan masyarakat Rengat yang telah gugur pada peristiwa tersebut," terang Bupati Yopi.

Kepada seluruh ASN, Bupati mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerjasamanya dalam membangun Kabupaten Inhu, dengan harapan kedepannya tidak terpecah belah dalam membangun Inhu.

Kepada masyarakat, Bupati mohon doa untuk seluruh ASN atau aparat pemerintahan dalam menjalankan roda pemerintahan dapat amanah dan berjalan sesuai yang diharapkan masyarakat.

Turut hadir mendampingi Bupati Yopi pada kegiatan ini antara lain Sekda Inhu, Ir. H. Hendrizal M.Si, kabag Protokol, Supandi S.Sos, MP, para kepala OPD dilingkungan Pemkab Inhu, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri