Ingin Jalannya Mulus, Tokoh Eks Trans Percayakan Aspirasi Pada Andi Putra.

Ingin Jalannya Mulus, Tokoh Eks Trans Percayakan Aspirasi Pada Andi Putra.

 


TELUKKUANTAN-Pemuka Masyarakat Jawa di Kuantan Singingi, berharap kondisi jajan diseluruh wilayah eks trans bisa mulus dan baik. Sehingga ekonomi masyarakat bisa lancar dan baik, ujar  KH Abdul Salam bersama Ketua NU Kuansing, H Rofingi, saat melakukan temu ramah Senin di  Geringging Baru kecamatan Sentajo Raya.

H. Salam dan H Rofighi sepakat, mengumpulkan ratusan pemuka masyarakat seluruh desa yang berasal dari Suku Jawa. Mulai dari Kecamatan Singingi Hilir, Singingi, Sentajo Raya, Logas Tanah Darat dan Pangean, di Pondok Pesantren As Salam, Desa Geringging Baru, Sentajo Raya, Senin (30/12/2019).


Silaturrahmi ini sendiri langsung Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Riau H Sukarmis, Ketua DPRD Kuansing Andi Putra SH MH beserta anggota DPRD Kuansing H Sutoyo SH dan Romi Alfisah Putra SE. Selain dua tokoh sentral KH Salam dan Rofingi, sejumlah pemuka agama, dan pemuda, seperti Banser, Anshor, Pemuda Pancasila pun mengikuti silaturrahmi itu.

Agar jajan masyarakat serta Aspirasi masyarakat Eks Trans bisa terwujud, kami gantungkan harapan pada Bung Andi Putra, ujar H salam di depan ratusan hadirin.


Acara yang diawali dengan Sholat Zuhur bersama, diawali dengan sambutan Pemuka Masyarakat Jawa KH Abdul Salam. Dihadapan ratusan masyarakat, Ia mengajak masyarakat Suku Jawa yang ada di sejumlah kecamatan di Kuansing untuk kompak dan bersatu guna mewujudkan Kabupaten Kuantan Singingi yang bermarwah.


"Ini adalah momen bagi kita untuk bersilaturrahmi. Menyatukan tujuan, bahwa kita masyarakat Kenegerian Jawa di Kuansing untuk bersatu. Jangan mau diadu domba dan dipecah-belah oleh siapapun. Apalagi kita sekarang akan dihadapkan dengan Pilkada 2020 untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Kuansing 2021-2026," katanya.


Silaturrahmi itu juga dimanfaatkan Pendiri Ponpes As Salam itu untuk menyampaikan, bahwa seyogyanya yang akan maju menjadi calon Wakil Bupati Kuansing adalah H Rofingi. Mendampingi Andi Putra. Namun, Ia memilih mundur disebabkan ketidaksiapannya menjadi pemimpin di pemerintahan, dan lebih memilih menjadi pemimpin umat di NU Kuansing.


"Kendati demikian, kita tetap bersama dengan Pak Andi Putra, anak dari Pak Sukarmis yang memang telah terbukti peduli dalam membangun kampung kita Jawa di Kuansing selama ini. Maka, mari kita bersatu. Sampaikan kepada saudara-saudara kita yang ada di Kenegerian Jawa. Mulai dari Singingi Hilir, Singingi, Sentajo Raya dan Logas Tanah Darat. Dan desa-desa lain di Kuansing," ajak KH Salam.


Bagi masyarakat ektsransmigrasi, disampaikan Salam, yang dibutuhkan adalah jalan yang bagus. Dan di era sekarang ini, pembangunan sangat dirasakan minim di wilayah Kenegerian Jawa ini. "Yang penting bagi kami itu adalah jalan di Kenegerian Jawa ini bagus," katanya.


Dan begitupula disampaikan Ketua NU Kuansing, Rofingi. Ia mengimbau kepada masyarakat Suku Jawa agar kompak dan bersatu. Silaturrahmi yang dirajut sekarang ini adalah momentum bagi semua elemen masyarakat untuk mewujudkan Kuansing negeri yang bermarwah. "Sekarang ini mari kita bersatu. Insya Allah, sama-sama kita mendukung Pak Andi Putra untuk mewujudkan Kuansing negeri bermarwah. Semoga nantinya amanah," ajaknya.


Menanggapi itu, Ketua DPRD Kuansing Andi Putra SH MH menyatakan komitmennya untuk membangun Kuansing. Termasuk membangun infratruktur yang ada di Kuansing atas (sebutan ekstransmigrasi). Insya Allah, kita bangun. Kita aspal jalannya," demikian ditegaskannya.


Sebelumnya, anggota DPRD Riau H Sukarmis, yang juga mantan Bupati Kuansing dua periode menyatakan kebanggaannya terhadap masyarakat yang ada di ektransmigrasi. Karena dirinya yang tidak menjabat lagi sebagai pimpinan daerah, dan baru sekarang bisa bersilaturrahmi secara langsung dengan masyarakat. "Terima kasih telah memilih dan mengamanahkan saya sebagai anggota DPRD Riau," ucapnya.(rls)


Berita Lainnya

Index
Galeri