Posyantekdes di Meranti Diharapkan Tingkatkan Kemandirian Masyarakat Melalui TTG

Posyantekdes di Meranti Diharapkan Tingkatkan Kemandirian Masyarakat Melalui TTG
Salah satu inovasi Posyantekdes di Desa Kundur

Meranti - Tahun 2019, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kepulauan Meranti telah membentuk Pos Pelayanan Teknologi Desa (Posyantekdes) di tiga Desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dimana tiga desa tersebut diantaranya, Desa Mekar Sari Kecamatan Merbau, Desa Baran Melintang Kecamatan Pulau Merbau dan Desa Sendaur Kecamatan Rangsang Pesisir.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas PMD Kepulauan Meranti Ikhwani melalui Kabid Usaha Ekonomi Desa (UED) PMD Kepulauan Meranti Sabarudin SSos, pada Rabu (03/07/2019) diruang kerjanya mengatakan selain tiga desa tersebut, pada tahun 2018 lalu, pihaknya sudah membentuk Posyantekdes di delapan Desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Delapan desa tersebut yakni Desa Bina Maju, Desa Kedabu Rapat, Desa Dwi Tunggal, Desa Sungai Tohor, Desa Kundur, Desa Padang Kamal, Desa Sungai Anak Kamal, Desa Mengkirau.

"Kita targetkan disetiap desa harus ada Posyantekdes. Karena dimana Posyantekdes ini merupakan tempat inovasi desa yang berkaitan teknologi tepat guna (TTG)," terangnya.

Lanjut dikatakannya, pembentukan Posyantekdes dilakukan dalam rangka implementasi Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tranmigrasi nomor 23 tahun 2017 tentang Pengembangan dan Penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Desa.

"Keberadaan Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) di tiap desa dan kecamatan menjadi sebuah kebutuhan," terangnya. 

"Dikarenakan bahwa keberadaan Posyantekdes bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di wilayah kecamatan atau desa melalui pemanfaatan teknologi tepat guna (TTG)," tambahnya.

Sabar juga berharap dengan dibentuknya Posyantekdes ditingkat desa dapat mampu menumbuhkan kreatifitas bagi masyarakat dalam bidang teknologi yang sangat bermanfaat dalam menunjang kebutuhan bagi khalayak ramai.

"Mudah-mudahan dengan dibentuknya Posyantek ini bisa membawa perubahan dan kemajuan dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) maupun dari segi perekonomian," harapnya. (Red/wp)


Berita Lainnya

Index
Galeri