Duh! Bulan Ramadhan, Gelandangan dan Pengemis Semakin Banyak di Pekanbaru

Duh! Bulan Ramadhan, Gelandangan dan Pengemis Semakin Banyak di Pekanbaru

PEKANBARU - Memasuki bulan Ramadhan, Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) di Kota Pekanbaru semakin banyak. Mereka terlihat berkeliaran baik di Lampu Merah ataupun di pasar-pasar.

Pantauan awak media di simpang SKA, ada sekitar 6 Gepeng yang terlihat membawa wadah ember kecil untuk mengharapkan kemurahan hati para pengendara. Tak hanya orang dewasa, banyak juga Gepeng dari kalangan anak-anak dibawah umur.

Selain di lampu merah SKA, Gepeng juga terpantau di Pasar Pagi Arengka. Mereka (Gepeng-red), lalu lalang mendekati para pembeli dan juga penjual yang ada di pasar. Untuk Gepeng di Pasar, rata-rata mereka berjumlah 2 orang. Dengan 1 orang memiliki kekurangan fisik dan 1 lagi sebagai penuntun jalan.

Fenomena ini seperti sudah bukan hal yang mengejutkan lagi. Hampir setiap Ramadan, jumlah Gepeng meningkat drastis. Salah seorang pengendara roda 2 di simpang lampu merah SKA Andre mengatakan bahwa keberadaan Gepeng ini sudah bukan hal yang mengejutkan.

"Sudah biasa kayak begini, tapi kalau Ramadan memang jumlahnya makin banyak saja. Ini biasa di lampu merah hanya 2 orang, ini sudah bertambah," ujar Andre.

Ia menyayangkan sikap dari Gepeng ini. Karena dari tampak luar, mereka sehat dan tak punya alasan untuk tidak sanggup bekerja. "Lihatlah, sehat-sehat mereka semua. Mending kerja daripada jadi pengemis," pungkasnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri