REGIONAL

Festival Sampan Selodang Kurang Semarak, Ini Pesan Bupati Inhil

TEMBILAHAN - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Muhammad Wardan mengharapkan festival Sampan Selodang yang merupakan acara wisata tahunan di daerah itu dapat dikemas dengan menarik dan meriah sehingga mengundang banyak wisatawan.

"Seharusnya kegiatan ini dapat lebih menarik dan semarak lagi pelaksanaannya dari tahun-tahun sebelumnya karena ini sudah menjadi iven tahunan tingkat Kabupaten," harap Bupati dalam sambutannya saat membuka Festifal Sampan Selodang yang di gelar diDesaKuala Lahang, Kecamatan Gaung, Kamis.

Bupati menilai festival Sampan Selodang memiliki potensi besar untuk dapat dikembangkan menjadi iven tahunan tingkat provinsi bahkan nasional. "Ini layak karena Sampan Selodang bukan hanya sekedar sebuah perlombaan namun kegiatan kearifan lokal yang mengangkat budaya setempat," tuturnya.

Dia memaparkan, kegiatan Sampan Selodang yang sudah digelar sejak tahun 2010 diambil dari bentuk Selodang Kelapa yang menggambarkan ciri khas Kabupaten Inhil sebagai daerah hamparan kelapa.

Biasanya, setiap sampan dari setiap desa/kelurahan yang ikut berkompetensi menampilkan ciri khas daerahnya masing-masing. Namun sayangnya ciri-ciri yang dimaksud kurang terlihat pada iven kali ini. "Mungkin karena ada keserasian yang sudah ditentukan," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati menyarankan kepada panitia pelaksana agar tetap mempertahankan bentuk dan variasi dari setiap sampan yang mengikuti perlombaan sehingga setiap desa memiliki daya tarik dan ciri khas tersendiri untuk bisa dikenal.

"Boleh saja kita menyerasikan bentuk sampannya, namun tentu ada ciri khas tersendiri. Inilah yang justru harus kita pertahankan. Kalau perlu bikin kategori pemenang sampan terbaik," sambungnya.

Untuk diketahui, Festival Sampan Selodang yang digelar milad ke-23 Kecamatan Gaung ini diikuti 18 peserta dari empat kecamatan yakni Tanah Merah, Tempuling, Tembilahan dan Batang Tuaka.

Melihat minimnya tingkat partisipasi masing-masing kecamatan, Bupati juga berharap agar ke depannya seluruh kecamatan yang ada di Inhil ikut berkompetisi.

"Untuk selanjutnya, diharapkan seluruh kecamatan, Kepala Desa dan dinas-dinas kalau perlu ikut sekalian. Tidak ada lagi alasan untuk tidak ikut bergabung," tegasnya.





Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video