SERBA-SERBI

Mulai Sekarang, Stop Kebiasaan Bangun Tidur Langsung Mandi Ya? Bisa Sebabkan Kematian Mendadak!

Sebagian besar orang akan langsung menuju kamar mandi setelah terbangun dari tidur. Ternyata, hal ini bisa membahayakan kesehatan.

Disarankan untuk memberikan waktu bagi tubuh untuk tetap berbaring atau duduk perlahan. Memberikan jeda ketika bangun tidur untuk tidak segera beranjak atau mandi bsia meminimalisir gejala postural hipotensi.

Bangun tidur dan langsung mengguyur air ke tubuh bisa mengakibatkan kagetnya saraf-saraf tubuh. Berikut ini bahayanya jika bangung tidur langsung mandi:

1. Tekanan darah tidak stabil

Ketika bangun dari tidur dan langsung mandi maka darah akan menuju kaki secara mendadak. Hal ini dipengaruhi gaya gravitasi yang menyebabkan darah mengalir ke bagian bawah.

Akibatnya, kinerja dan fungsi refleks sistem saraf yang mengendalikan organ tubuh akan terganggu.

2. Jantung berdebar kencang

Tekanan darah yang tidak stabil akan menyebabkan minimnya supply darah menuju otak dan jantung. Hal ini menyebabkan pusing serta berjalan dengan tidak seimbang.

Sel-sel khusus atau baroreceptors yang ada di samping jantung serta arteri yang terdapat pada leher akan berusaha menurunkan tekanan darah.

3. Diskolasi tulang pinggul

Kebiasaan beranjak seketika setelah tidur yang dilakukan dalam jangka waktu yang panjang bisa berpotensi menyebabkan dislokasi tulang pinggul.

4. Kematian mendadak

Bagi kalian yang memiliki waktu yang sedikit untuk istirahat atau tidur lebih baik tidak mandi pada pagi harinya. Misal hanya memiliki waktu istirahat tidak lebih dari satu jam lebih baik tidak terburu-buru mandi setelah bangun tidur.

5. Tubuh gagal merespon

Jika kondisi tubuh sedang dalam keadaan baik maka mandi setelah bangun tidur tidak akan menunjukkan gejala gangguan kesehatan secara langsung.

Tapi sebaliknya, jika kondisi sedang tidak baik maka tidak berlangsung lama akan berpotensi menyebabkan kegagalan tubuh merespon perubahan kondisi tubuh. Seperti muncul rasa pusing, pandangan kabur, keringat dingin, lelah lesu, serta kesemutan di bagian tertentu.



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video