Sudah Berada di Mulut Israfil, Terompet Kiamat Siap untuk Ditiup?

Sudah Berada di Mulut Israfil, Terompet Kiamat Siap untuk Ditiup?

Mencermati berbagai fenomena terakhir, beberapa kalangan percaya bahwa sangkakala saat ini telah berada di mulut Malaikat Israfil, siap untuk ditiupkan. Benarkah?

Menurut Ustaz Ammi Nur Baits, sebaiknya melihat beberapa hal. Mari kita simak beberapa hadis berikut. Hadis pertama, dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

"Sesungguhnya pandangan malaikat peniup sangkakala telah bersiap sejak dia diperintahkan, dia selalu memandang ke arah arsy karena khawatir dia diperintahkan ketika matanya berkedip. Kedua matanya seperti bintang berkilau." (HR. Hakim 8676 dan dishahihkan al-Albani dalam Silsilah as-Shahihah, 1078).

Hadis kedua, dari Abu Said al-Khudri Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

"Bagaimana saya bisa bersenang-senang sementara malaikat peniup terompet telah meletakkan terompet itu di mulutnya, memiringkan dahinya, pendengarannya konsentrasi, selalu siaga kapanpun dia akan diperintahkan. (HR. Ahmad 11039, Turmudzi 3551 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Keterangan: Yang dimaksud memiringkan dahinya bahwa malaikat ini sangat serius memandang ke arah Arsy, untuk konsentrasi memasang pendengarannya dengan arah perintah.

Dan secara makna teks, apa yang dilakukan malaikat peniup sangkakala adalah ibadah khusus bagi beliau. Sebelum meniup terompet, beliau ditugaskan untuk selalu menghadap Arsy dan selalu siaga dengan perintah untuk meniup Arsy.

Al-Mubarokfuri ketika menjelaskan hadis di atas menuliskan,

Yang zahir bahwa malaikat ini meletakkan terompet di mulutnya dan selalu siaga mendengar perintah, sifatnya adalah hakiki. Ini merupakan ibadah baginya, bahkan dia dibebani dengan tugas ini. (Tuhfatul Ahwadzi, 7/100).

Allahu alam.


Berita Lainnya

Index
Galeri