Pria Wajib Tahu! Hindari 3 Hal Ini Kalau Tak Mau Mandul

Pria Wajib Tahu! Hindari 3 Hal Ini Kalau Tak Mau Mandul

Perlu kamu tahu bahwa pria bisa menghasilkan jutaan sperma setiap harinya. Banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan sperma, seperti suhu eksternal.

Dan karena sel sperma akan membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 75 hari untuk tumbuh menjadi dewasa, kualitas sperma yang buruk dapat mempengaruhi kesuburan kamu. Apa saja?

1. Panas berlebihan

Menurut laporan dari Fenomagz (16/3), testis manusia tidak dapat berfungsi dengan baik kecuali suhunya lebih dingin daripada bagian tubuh yang lain. Untungnya, anatomi laki-laki dirancang untuk menciptakan jarak antara testis dan suhu inti tubuh. Jika suhu testis naik hingga menjadi 37?C, produksi sperma terganggu.

Beberapa situasi sehari-hari yang memungkinkan testis kamu terpapar panas berlebih adalah saat berendam air panas, bekerja dengan laptop di pangkuan kamu, menggunakan celana yang ketat, atau duduk terlalu lama di tempat yang panas misalnya saat menyetir bis atau truk.

2. Alkohol, narkoba, dan rokok

embakau, alkohol, dan ganja dapat merusak fungsi seksual. Penyalahgunaan alkohol mempengaruhi kualitas dan produksi sperma secara negatif, sementara merokok mengganggu motilitas/pergerakan sperma.

Selain memperlambat keluarnya sperma, penelitian lain menunjukkan bahwa merokok dapat merusak DNA sperma dan meningkatkan risiko impotensi. Ganja juga tidak baik karena telah terbukti mengurangi jumlah sperma, fungsi sperma, dan kesuburan pria secara keseluruhan.

3. Kegemukan

Kelebihan berat badan bukan hanya mengganggu kesuburan wanita, tapi juga bisa mengurangi jumlah sperma dan menyebabkan disfungsi seksual pada pria. Menurut sebuah penelitian tahun 2009 oleh WHO, pria yang awalnya subur namun kemudian mengalami kegemukan ternyata fungsi testisnya menurun drastis dan jumlah sperma menjadi lebih rendah secara signifikan.

Namun, walaupun kegemukan dapat mengurangi jumlah sperma, ini tidak akan membuat pria mandul kecuali ia menderita obesitas alias kelebihan berat badan esktrem.


Berita Lainnya

Index
Galeri