Kota Pekanbaru Dikepung Asap, Jarak Pandang Hanya 4 Kilometer

Kota Pekanbaru Dikepung Asap, Jarak Pandang Hanya 4 Kilometer

PEKANBARU - Jarak pandang Kota Pekanbaru siang ini, terhitung pukul 9.30 WIB tadi hanya berjarak empat kilo meter. Sementara pada pagi hari mencapai tujuh kilometer. 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru memastikan jarak pandang yang terbatas ini disebabka asap. 

"Ya ini smoke (asap). Kalau pagi udara kabur disebabkan disebabkan vartikel kering. Namun seiring matahari muncul harusnya visiblity (jarak pandang) membaiknya, namun ini tetap kabur, jadi ada indikasi smoke," kata Staf Analisa BMKG Pekanbaru, Sanya, Selasa (26/3/2019). 

Dijelaskannya, berasapnya ibukota Provinsi Riau ini karena adanya pergerakan asap dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang kebanyakan terdapat di wilayah timur Riau, menuju bagian barat. 

Pekanbaru yang berada di tengah juga terimbas dari arah angin yang membawa asap dari Karhutla tersebut. Hanya saja Sanya tak memastikan apakah asap yang membuat jarak pandang Kota Bertuah ini bersifat sementara atau akan tetap bertahan sampai beberapa hari ke depan. 

Lebih lanjut, Sanya juga mengatakan dengan jarak pandang empat kilo meter ini, untuk penerbangan baik take off mau pun landing belum berdampak. Namun jika asap terus menumpuk yang menyebabkan jarak pandang berkurang hingga dua kilo meter, tentu sangat berdampak.


Berita Lainnya

Index
Galeri