PMI Meranti Gelar Pelatihan Pemeriksaan Golongan Darah Bagi Remaja di Meranti

PMI Meranti Gelar Pelatihan Pemeriksaan Golongan Darah Bagi Remaja di Meranti
Saat berlangsungnya kegiatan pelatihan pemeriksaan golongan darah

Meranti - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar kegiatan Pelatihan Pemeriksaan Golongan Darah, pada Minggu (24/03/2019) pagi, di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Mu'alimin Jalan Rintis Selatpanjang. 

Ketua PMI Kabupaten Kepulauan Meranti dr Misri Hasanto mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk para remaja dengan tujuan mampu memeriksa cek golongan darah berdasarkan golongan darah A B AB dan O untuk diri sendiri dan orang lain.

"Kegiatan ini pesertanya dari kalangan anak-anak remaja dari sekolah MAN 1 Meranti, SMKN 1 Meranti, SMAN 1 Meranti, SMPN 1 Meranti dan Sekolah MA dari Pulau Merbau. Dengan total peserta lebih dari 100 orang," terangnya. 

Dikata dr Misri, kegiatan ini juga bertujuan untuk membantu program PMI Kepulauan Meranti, Dinas Kesehatan (Dinkes) Meranti dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meranti dalam pembentukan bank darah di Kabupaten termuda di Provinsi Riau. 

"Dengan kegiatan itu juga dapat melakukan Database golongan darah di sekolah dan Desa atau Kelurahan tempat tinggal masing-masing," jelas dr Misri Hasanto. 

"Dapat juga membentuk kelompok Relawan Donor Darah Sukarela di Meranti dan juga untuk menuju sekolah sehat dan Desa Sehat," tambahnya. 

Untuk itu, dirinya mengharapkan dengan kegiatan tersebut kedepannya dapat membentuk serta mengembangkan kelompok Donor Darah Sukarela di Kabupaten Kepulauan Meranti atau Bank Darah Berjalan.

"Kalau terbentuk kelompok donor darah sukarela tersebut, maka jika masyarakat perlu darah bisa dibantu melalui Bank Darah Berjalan. Dimana bank darah berjalan ini akan dibentuk berdasarkan jenis golongan darah," pungkasnya. (red/wp)


Berita Lainnya

Index
Galeri