Jangan Coba-coba Minum Air Dingin Saat Kepedasan! Ini Bahayanya

Jangan Coba-coba Minum Air Dingin Saat Kepedasan! Ini Bahayanya

Siapa sih di dunia ini yang tidak menyukai makanan pedas? Banyak kuliner yang menyajikan sensasi pedas dipadu dengan rempah yang jadi favorit masyarakat. Lantas, apa yang biasanya kebanyakan orang lakukan saat kepedasan?

Kebanyakan orang banyak mengkonsumsi air putih atau minuman sejenisnya untuk menghilangkan rasa pedas. Namun, banyak juga yang mengkonsumsi air dingin atau air es untuk menghilangkan rasa pedas.

Minum air dingin setelah mengkonsumsi pedas memang dapat meredakan rasa pedas lebih cepat, namun caranya ini ternyata salah. Mengapa?

Ketika makanan pedas masuk ke rongga mulut, hal ini akan menstimulasi daerah di rongga hidung dan faring yang akan membuat permukaan lidah merasakan efek panas. Karena tingkat reseptor tiap orang berbeda, maka tingkat pedas yang dirasakan setiap orang pun berbeda.

Ketika mengkonsumsi minuman dingin saat kepedasan, sensasi pedas memang akan cepat berkurang, namun jangan salah, setelah itu rasa pedas akan bertambah berkali-kali lipat.

Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air hangat saat merasa kepedasan. Hal ini dikarenakan makanan pedas mengandung senyawa bernama capsaicin yang akan larut jika bertemu air hangat sehingga rasa pedas akan cepat hilang.

Buat Anda yang suka minum air dingin, mulai sekarang segera hentikan kebiasaan ini yah. Lebih baik pake air hangat aja.


Berita Lainnya

Index
Galeri