PARLEMEN

Tahun 2020, Pendidikan SMA/SMK di Riau Ditargetkan Gratis

PEKANBARU - Kabar gembira bagi seluruh masyatakat Riau yang selama ini merasa kesulitan terhadap keuangan dalam menyekolahkan anaknya di jenjang tingkat SMA/SMK.

Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama pihak DPRD Riau menargetkan tahun 2020 mendatang, biaya sekolah lanjutan atas tersebut gratis di Provinsi Riau.

Hal ini diakui oleh Wakil Ketua Komisi V, yang salah satunya membidangi masalah pendidikan, DPRD Riau, Husaimi Hamidi.

"Saat ini kita sudah melakukan pembahasan dengan Dinas Pendidikan dan pihak Kepala Sekolah. Terutama menghitung biaya yang dihabiskan oleh satu anak selama setahun. Nanti akan dibebankan di APBD," jelasnya, Senin (18/3/2019) saat dikonfirmasi.

Disampaikan juga oleh politisi PPP ini, berdasarkan informasi yang disampaikan oleh pihak Disdik, biaya satu anak untuk SMK itu berkisar Rp 5,6 juta per tahun. 

Sedangkan untuk tingkat SMA sekitar Rp 3,8 juta per tahun. Inikan bisa dikurangi oleh dana BOS dan BOSDA yang ada, sehingga sudah terbantu untuk mewujudkan program pendidikan gratis ini.

"Jadi kita hitung dana BOS dan BOSDA itu ada sekitar Rp 2,8 juta per tahun. Inikan sudah sangat membantu mengurangi biaya per siswa per tahunnya. Saya rasa bisa terlaksana di tahun 2020, karena juga sesuai dengan visi dan misi Gubernur. Untuk di Kabupaten Siak saja, ini sudah jalan dan masih berlangsung, seperti apa yang diakui oleh Kepala Sekolah di Siak saat kita undang kemarin," ucap legislator Dapil Rokan Hilir ini.



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video