Bahaya! Mulai Sekarang Jangan Tidur Pakai Kipas Angin

Bahaya! Mulai Sekarang Jangan Tidur Pakai Kipas Angin

Tidur dalam kondisi sejuk memang lebih nyaman. Salah satu yang biasa dilakukan adalah dengan menggunakan kipas angin. Selain AC, kipas angin memang menjadi alternatif untuk membuat sejuk kamar kita.

Namun sering menggunakan kipas angin ketika tidur bisa menimbulkan bahaya lho. Apa saja? Berikut daftarnya:

Memperparah Gejala Asma

Selain memicu alergi, debu yang berasal dari kipas dapat memperparah gejala pada penderita penyakit berat ini.

Untuk mencegah hal ini, kamu disarankan untuk tidur dalam ruangan yang memiliki sistem sirkulasi udara yang dilengkapi dengan penyaring udara. Sayangnya, kipas angin tidak memiliki penyaring udara sehingga membuatmu rentan mengalami serangan asma.

Menyebabkan Kulit Kering

Paparan kipas angin secara terus menerus akan mengurangi kelembapan udara di sekelilingmu. Akibatnya, lapisan teratas kulitmu mengalami dehidrasi sehingga tampak kering, pecah-pecah, dan seringkali menimbulkan sensasi gatal.

Agar hal ini tidak terjadi, kamu harus menjaga lingkungan tidurmu tetap sejuk dan tidak kering. Salah satu caranya adalah dengan menghindari penggunaan kipas angin selama semalaman.

Memicu Alergi Debu

Tidur dengan kipas angin mungkin bukanlah pilihan yang tepat bagi orang yang alergi terhadap debu. Pasalnya, kipas angin merupakan tempat bertumpuknya debu yang dapat terhirup ke dalam saluran pernapasan melalui angin yang dihasilkan kipas.

Serpihan debu mengandung berbagai materi yang dapat memicu alergi seperti sel-sel kulit mati, serpihan tubuh serangga, kotoran tungau, jamur, rambut hewan, dan sebagainya.

Jika terhirup, sistem kekebalan tubuh akan mengenalinya sebagai ancaman sehingga menimbulkan reaksi alergi.


Berita Lainnya

Index
Galeri