Hati-hati! Salah Konsumsi Bawang Putih Bisa Mengancam Jiwa!

Hati-hati! Salah Konsumsi Bawang Putih Bisa Mengancam Jiwa!

Bawang putih merupakan bahan dapur yang digunakan hampir dalam semua jenis masakan. Tak hanya digunakan untuk memasak, bawang putih juga biasa digunakan dalam pengobatan tradisional.

Namun, tahukah kamu? Terlalu banyak mengonsumsi bawang putih dengan cara yang salah akan berdampak buruk pada tubuh, bahkan bisa mengancam jiwa. Seperti yang dilansir dari 1Health, berikut adalah efek samping dari kesalahan dalam mengonsumsi bawang putih:

1. Merugikan hati

Mengonsumsi bawang putih secara berlebih dapat mencelakai hati kamu. Sebuah penelitian mencatat bahwa jika bawang putih dikonsumsi dalam jumlah besar dapat menyebabkan keracunan hati.

Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung allicin, suatu senyawa yang bila dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi bisa merusak hati.

2. Diare

Diare bisa terjadi jika kamu mengonsumsi bawang putih dalam keadaan perut yang masih kosong. Orang-orang yang memiliki penyakit gas di perut harus sangat menghindari bawang putih.

Ini karena bawang putih mengandung fruktan yang dapat menyebabkan kembung dan gas di dalam perut.

3. Mual dan muntah

Menurut National Cancer Institute, mengonsumsi bawang putih atau minyak bawang putih saat perut kosong dapat menyebabkan perut menjadi mulas, mual, dan bahkan muntah.

Sebuah laporan yang diterbitkan oleh Harvard Medical School juga menyatakan bahwa bawang putih memiliki senyawa tertentu yang dapat menyebabkan penyakit gastroesophageal reflux.

4. Memperburuk pendarahan

Kamu tidak boleh mengonsumsi bawang putih bersamaan dengan obat pengencer darah. Sebab, bawang putih dapat meningkatkan risiko pendarahan. Selain itu, setelah operasi, seseorang tidak boleh mengonsumsi bawang putih selama minimal 2 minggu, karena dapat mengganggu tekanan darah.


Berita Lainnya

Index
Galeri