Awas! 5 Jenis Tanaman di Sekitar Kita Ini Ternyata Berbahaya dan Mematikan

Awas! 5 Jenis Tanaman di Sekitar Kita Ini Ternyata Berbahaya dan Mematikan

Kita seringkali tidak sadar bahwa ada beberapa hal berbahaya di sekitar kita, salah satunya tanaman.

Beberapa tanaman berikut ini dikenal mengandung racun bahkan bisa menyebabkan kematian. Apa saja?

1. Tanaman Jarak

daun dan getah tanaman jarak sebenarnya sangat bermanfaat. Namun, biji jarak justru sangat berbahaya.

Memakan dua biji jarak bisa meracuni orang dewasa. Tanaman ini memiliki kandungan risin. Risin merupakan protein beracun yang terkandung pada pohon jarak.

2. Singkong atau ubi karet

Di alam, singkong menghasilkan sianida alam bentuk senyawa glikosida sianogenik yang dinamakan linimarin.

Senyawa glikosida sianogenik relatif tidak beracun, namun proses enzimatik yang terjadi dalam tubuh bisa mengurainya menjadi hidrogen sianida.

Ini adalah salah satu bentuk racun sianida yang paling beracun. Kadarnya akan semakin berkurang jika diolah dengan benar.

3. Gympie-gympie

Kulit yang tersentuh daun gympie-gympie akan terasa seperti disengat oleh panas luar biasa dan tidak akan hilang sampai berbulan-bulan.

Tanaman ini bisa membunuh hewan dan manusian. Biasanya tanaman ini tumbuh di hutan timur laut Australia dan Hutan Maluku, Indonesia.

Daun gympie-gympie yang sudah kering beratus tahunpun masih mengandung racun moroidin. Racun ini terdapat di bulu tanaman gympie-gympie.

4. Pohon upas

Lendir getah pohon upas memang mematikan. Efek racun pohon upas cukup mengejutkan saat diujicobakan pada seekor ayam dan anjing. Hewan tersbeut bisa mati dalam hidungan menit.

5. Kecubung

Biasanya kecubung dipakai untuk obat tradisional berbagai macam penyakit, seperti asma, reumatik, sakit pinggang, dan pegal linu.

Racun kecubung berasal dari bijinya yang mengandung zat alkaloid. Biasanya gejala keracunan yang ditimbulkan seperti mulut kering, sembelit, sensitif terhadap cahaya, dan sakit mata.


Berita Lainnya

Index
Galeri