Makan Semangka Sebelum Tidur Ternyata Berbahaya! Ini Penjelasannya

Makan Semangka Sebelum Tidur Ternyata Berbahaya! Ini Penjelasannya

Semangka dikenal luas sebagai buah yang bisa memberikan sensasi segar, khususnya jika dikonsumsi saat suhu udara sedang cukup panas. Kebanyakan orang mengonsumsinya di siang hari saat udara terasa cukup panas, buah kaya kandungan air ini juga tetap nikmat dikonsumsi di malam hari. Namun, terdapat beberapa bahaya makan semangka sebelum tidur. Apa saja bahayanya?

Sebenarnya, mengonsumsi semangka di malam hari boleh-boleh saja, namun ada baiknya kita tidak memakannya menjelang waktu tidur. Hal ini disebabkan oleh adanya kemungkinan mengalami efek samping bagi kesehatan.

Bila Anda sering memakan semangka sebelum tidur, simak beberapa bahaya makan semangka sebelum tidur, berikut ini:

1. Perut kembung

Pakar kesehatan menyebut makan semangka di malam hari tidak akan menyebabkan dampak kesehatan yang serius. Hanya saja, kita mungkin akan mengalami sensasi tidak nyaman, khususnya pada perut yang mengalami sensasi kembung atau begah.

Banyak orang yang makan semangka setelah makan malam karena di waktu inilah kita bisa lebih santai dan tidak diburu waktu sehingga bisa makan buah. Sayangnya, makan buah sebenarnya akan jauh lebih baik dilakukan saat perut masih kosong, bukannya setelah makan. Banyaknya serat dalam makanan dan buah-buahan yang dikonsumsi saat makan malam akan membuat sensasi perut kembung atau begah.

2. Sakit perut

Selain perut kembung atau begah, sebagian orang ternyata juga mengalami sensasi sakit perut akibat makan semangka di malam hari, tepatnya di menjelang waktu tidur. Tingginya kandungan vitamin C dalam buah semangka, jika dikonsumsi dengan berlebihan ternyata juga bisa menyebabkan efek samping seperti diare atau nyeri perut.

Bahaya makan semangka sebelum tidur juga bisa membuat kita bolak-balik ke toilet di malam hari karena kandungan lycopene yang cukup tinggi dari semangka. Kondisi ini tentu akan membuat kita tidak bisa tidur dengan nyenyak, bukan?

3. Sering buang air kecil

Sekitar 90 persen dari kandungan semangka adalah air. Hal ini berarti, kita sebenarnya mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup banyak saat makan semangka. Masalahnya adalah jika kita makan semangka di malam hari atau memakannya terlalu dekat dengan waktu tidur, maka ginjal akan langsung memproses cairan ini dan tubuh pun berusaha untuk mengeluarkannya dengan sering buang air kecil. Hal ini akan membuat kita sering pergi ke toilet dan akhirnya menurunkan kualitas tidur kita.

4. Menambah berat badan

Buah semangka memiliki kandungan banyak gula alami yang dapat meningkatkan berat badan dalam beberapa kasus jika makan semangka di malam hari. Jadi, menghindari makan semangka menjelang tidur sangat disarankan bagi Anda yang tidak ingin gemuk atau sedang menjalani diet.

Jadi, sebisa mungkin Anda menghindari bahaya makan semangka sebelum tidur ya?


Berita Lainnya

Index
Galeri