Loading...
PARLEMEN

Darurat Banjir, DPRD Riau Berikan Solusi Ini

PEKANBARU - Sekretaris Komisi III DPRD Riau, Suhardiman Amby menilai, solusi yang harus dilakukan untuk mengatasi banjir tahunan di Bumi Lancang Kuning ialah relokasi permukiman dan normalisasi sungai.

Politisi Hanura tersebut memaparkan, bahwa saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) maupun Pemerintah Daerah (Pemda) harus memikirkan solusi jangka panjang untuk mengatasi banjir. Pasalnya, banjir ini sudah sangat meresahkan dan merugikan masyarakat.

"Perekonomian lumpuh, fasilitas dan infrastruktur sudah banyak yang rusak karena banjir. Karena itulah, dibutuhkan solusi yang benar-benar dipikirkan dengan matang," ujar Suhardiman di Pekanbaru, Rabu (12/12/2018).

Loading...

Menurutnya, relokasi permukiman sangat diperlukan, apalagi di daerah dataran rendah yang setiap tahunnya menjadi langganan banjir. "Kita harus mulai memikirkan relokasi permukiman. Berikan penjelasan kepada warga, sehingga mereka mau direlokasi ke dataran yang lebih tinggi," jelas legislator yang akrab disapa Datuk tersebut.

Jika tidak mampu merelokasi, lanjut Datuk, maka cara lainnya adalah normalisasi dan pembuatan bendungan dengan menggunakan teknologi terbaru. Maksudnya, fungsi sungai-sungai dan drainase air yang tersumbat kembali dinormalkan.

"Kita juga bisa membuat bendungan untuk menahan laju air di sepanjang sungai. Dengan catatan, harus menggunakan teknologi canggih, daya tahan, titik debit air semua diperhatikan," jelasnya lagi.

Lebih lanjut, untuk merealisasikan solusi banjir ini, Datuk berharap agar semua pihak yang terlibat mampu bekerjasama dengan baik. "Kita komitmen. Kalau sama-sama pasti bisa, tapi jika hanya mengandalkan APBD, untuk anggaran lain tidak ada," tutupnya.



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video